Batu Akik

Batu Akik. Berdasarkan tatanan geologi Indonesia yang berasal dari hasil interaksi antara dua lempeng yaitu lempeng Samudera Hindia Australia dan Pasifik dengan lempeng benua Eurasia, sehingga membentuk jalur - jalur vulkanik dalam lingkar Pasifik dan Mediterania. Dengan adanya tatanan geologi tersebutlah yang menjadikan Negara Indonesia sebuah Negara yang mempunyai jalur mineralisasi yang sangat tinggi sehingga menjadi Negara yang sangat potensial dan kaya akan bahan tambang khususnya batu akik.


batu akik

Potensi batu akik hampir tersebar di Seluruh Provinsi, umumnya pada daerah pegunungan yang terjal. Batu akik merupakan bahan tambang yang mudah diolah dengan menggunakan teknologi yang sederhana, memberikan nilai tambah yang tinggi serta memberikan peluang usaha kerja yang luas.
Batu akik yang merupakan Batu mulia atau Gemstone adalah Setiap jenis batuan mineral dan bahan mentah alam yang setelah diolah atau diproses memiliki keindahan dan ketahanan yang memadai untuk dipakai sebagai barang perhiasan. Semua jenis batu-batuan tersebut yang memiliki nilai tinggi dan harganya mahal. Harganya sesuai dengan corak, warna dan keindahan dari batu akik terebut.
Untuk memperindah bentuknya, batu akik harus dipoles atau dipahat terlebih dahulu sehingga menghasilkam bentuk yang menarik. Tiga sifat utama yang dimiliki batu akik antara lain: keindahan corak dan warna serta sinar atau pencahayaan yang dipancarkan. Harga batu akik juga dipengaruhi oleh kelangkaan. Semakin langka dan semakin susah mendapatkannya maka harganya pun akan semakin mahal. Dan tentu saja hal ini akan memepengaruhi tingkat pranata sosial bagi yang memilikinya.
Batu akik sudah dikenal sejak dahulu kala dan telah menjadi sumber daya tarik bagi manusia. Batu akik dengan segala keindahannya telah membuat semua orang terpukau. Bagi kolektor, memiliki dan mengoleksi batu akik mempunyai berbagai macam tujuan diantaranya adalah sebagai sarana investasi, karena harganya selalu meningkat, sebagai media pamer karena memilki batu akik yang langka dan sulit dicari, bahkan ada yang percaya bahwa beberapa jenis batu akik memiliki nilai-nilai tertentu yang terkandung di dalamnya.
Bagi yang baru mengenal istilah batu akik mungkin akan merasa kebingungan untuk mengenal satu persatu nama dan istilah nama batu akik yang ada di Indonesia. Penamaan pada batu akik, biasanya disesuaikan dengan karakteristik batu, corak, warna atau tempat ditemukannya batu tersebut dengan tujuan untuk memudahkan membedakan dengan jenis batu akik yang lainnya.
Bagi yang sudah lama berkecimpung dalam dunia batu akik dan sudah banyak mengenal berbagai macam dan jeni batu akik, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada di Indonesia. Misalnya Batu akik darah nama lain dari Bloodstone, Tiger eye nama lain dari mata harimau (tinggal diterjemahkan saja) itupun kalau menggunakan nama yang umum.
Berikut ini adalah beberapa nama batu akik dan istilah batu akik yang terdapat di Indonesia dan Internasional:
Demikian sedikit gambaran tentang Batu Akik. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Batu Akik"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....