5 kebiasaan buruk saat puasa bulan ramadhan



Karena kita sudah mendekati bulan Ramadhan, maka saya akan menulis tentang ibadah puasa yang sebentar lagi akan kita laksanakan bersama (bagi umat muslim). Ada beberapa kebiasaan yang kita lakuin saat melaksanakan ibadah puasa dibulan Ramadhan. Kebiasaan tersebut kadang dan seringnya kita lakukan berulang ulang tanpa sadar bahwa hal tersebut sia sia. Sehingga mungkin saja ada kebiasaan berikut yang anda lakukan selama berpuasa. Baca Juga: 5 Tempat yang Mendadak Sepi Saat Ramadhan. Berikut 5 kebiasaan buruk pada bulan ramadhan :
kebiasaan saat puasa


1. Tidur terlalu lama pada siang hari
tidur saat puasa
 Perut yang lapar dan kerongkongan yg haus mengakibatkan kondisi tubuh akan melemah yang mengakibatkan ada nya perasaan malas untuk mengerjakan sesuatu. Selanjutnya ya dibawa tidur. Memang ada hadist yang menyatakan bahwa tidurnya orang yang berpuasa itu adalah ibadah. Namun keterlaluan juga kalo misalkan kita tidur dari pagi sampai sore. Itu namanya malas dengan mengatasnamakan puasa. Ente kalo pas puasa dan tidur lama trus ditanya ma orang.. knapa lo tidur? Lo pasti ngejawab.. gue puasa. So jangan lah puasa dijadikan alasan untuk tidur dan bermalas-malasam.

2. Begadang
begadang

Malam hari pada bulan ramadhan biasanya ramai pada malam-malam biasa di bulan lainnya. Pada malam dibulan ramadhan banyak pedagang yamg berjualan, warung-warung yamg buka ampe sahur dan lain-lain. terlepas dari hal tersebut kebanyakan orang begadang pada malam itu. Yang bagus adalah begadang untuk mengaji atau ibadah. Yang lalai adalah begadang dengan temen-temen trus nongkrong dipojokan atau dijalan raya ampe sahur baru pulang. Besoknya ya jelas dan tentu akan tidur seharian dengan mengatasnamakan puasa.

3. Taraweh sebagai ajang temu pacar
tarawih

Mungkin pembaca pernah mengalaminya sendiri. Biasanya berangkat taraweh kemasjid dijadikan sebagai alasan untuk pergi keluar rumah dan bertemu dengan pacar. Berangkat dari rumah dan bilang sama orang tua kalo pengen ke mesjid dan taraweh, tapi sebenarnya sudah janjian dengan pacar untuk ketemuan dan terjadilah berkencan dengan alasan shalat taraweh. Atau bisa juga orang lain taraweh sedangkan dia mojok atau ngomong diteras mesji dengan pacar. Atau bisa juga setelah taraweh langsung pacaran. Wuiw...

4. Ngabuburit
ngabuburit

Ngabuburit adalah sebuah kegiatan menghabiskan waktu sambil menunggu sampainya waktu berbuka puasa. Biasanya ngabuburit dilakukan dengan nongkrong, jalan jalan sore atau yang lainnya. Yah.. namanya juga menghabiskan waktu. Pastinya dunk sia sia. Misalkan nongkrong dijalam dan ngeliat trus godain cewe cantik, dosa. Atau nongkrongnya ngerumpi dan ngomongin orang, dosa juga. Atau mojok dengan pacar, dosa lagi.

5. Ngerumpi
rumpi

Ini salah satu kebiasaan atau hobby ibu ibu. Duduk nongkrong di depan gang trus ngumpul ma tetangga dan terjadilah ngerumpi. Yang dirumpiin juga tetangga. Hmmm. Gak guna. Kalo benar ya ghibah, kalo salah ya fitnah. Dosa juga kan... tapi kadang kita ga nyadar.

Demikian 5 kebiasaan buruk pada saat melaksanakan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan.
loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 kebiasaan buruk saat puasa bulan ramadhan"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....