4 Kriteria dalam Memilih Mitra Bisnis



Mencari pasangan atau seorang mitra bisnis itu sama halnya seperti mencari pasangan hidup. Nomor satu, yang paling penting adalah CHEMISTRY yang timbul dari kegiatan hubungan dengan mitra tersebut. Baca Juga: 4 PERTANYAAN YANG DAPAT MENGUBAH HIDUP ANDA
 
mitra bisnis
Yang menjadi sisi perberbedaan ketika kita mencari pasangan hidup, biasanya kita merasa tertarik dengan penampilan luarnya dulu. Dan ini sangat manusiawi. Sedangkan jika kita mencari mitra bisnis, penampilan tidak dijadikan acuan terhadap ketertarikan awal. Karena bisa saja orang yang sukses itu penampilannya nyentrik dan sangat biasa serta tidak menggambarkan bahwa dia adalah seorang pengusaha sukses.

Jadi apa yang harus diperhatikan ketika kita mencari mitra bisnis? Berikut 4 hal yang harus anda jadikan pertimbangan dalam memilih calon mitra bisnis:


1. Nilai-Nilai yang Dijunjung (Prinsip Hidup) Harus Sama
bisnis online
Kita harus tahu apakah calon mitra bisnis kita ini mempunyai nilai-nilai (prinsip hidup) yang sama dengan kita. Sebagai contoh anda adalah orang yang memegang teguh integritas, jangan bermitra dengan orang yang sering menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan. Kalau anda bukan orang yang serakah, jangan bermitra dengan orang yang selalu mau menang sendiri dan serakah. Intinya carilah partner atau mitra bisnis yang mempunyai nilai-nilai kehidupan dan prinsip kehidupan yang sama dengan kita.

2. Maksud dan Tujuan Berbisnis Harus Sam
interpreuner
Kalau anda akan memulai sebuah bisnis dengan maksud untuk membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat local/sekitar dengan prinsip pemberdayaan, maka jangan sampai anda bermitra dengan orang yang hanya memikirkan diri sendiri atau hanya untuk memperkaya diri sendiri. Jika anda memulai sebuah bisnis dengan maksud untuk memecahkan sebuah masalah yang ada di lingkungan sekitar (lingkupnya kecil), maka jangan bermitra dengan orang yang ingin memecahkan masalah globa (lingkupnya luas).

3. Harus Saling Melengkapi
kerjasama
Kita harus mencari rekan bisnis yang bisa melengkapi kekurangan kita. Karena manusia itu diciptakan dengan adanya kelebihan dan kekurangan, maka kita harus mencari orang yang bisa menutupi kekurangan kita dengan kelebihan yang dia miliki. Sebagai contoh, jika anda menguasai dan hebat dalam hal marketing, maka jangan mencari mitra bisnis yang juga cuma menguasai dan hebat dalam hal marketing. Coba cari mitra bisnis yang mungkin menguasai dan hebat di sales atau di akunting. Begitu juga sebaliknya.

4. Harus Punya Komitmen Yang Sama

komitmen

Akan sangat sulit bagi anda untuk bisa mengembangkan bisnis jika cuma anda yang menggebu-gebu, sementara mitra bisnis anda cuma santai-santai aja. Kontribusinya harus sama. Bukan berarti kalau Agan curahkan 10 jam per hari, dia juga harus begitu. Akan tetapi, semua tergantung dari perjanjian awal, apalagi kalau seaindainya mitra bisnis anda yang mempunyai dana dan anda yang bertugas untuk menjalankan bisnis. Mitra anda mungkin tidak perlu menjalankan bisnis ini sama jumlah jamnya dengan anda, dan semuanya tergantung perjanjian awal. Intinya, memegang teguh perjanjian awal ketika memutuskan untuk bermitra dengan seseorang.

Demikianlah 4 Kriteria dalam Memilih Mitra Bisnis. Semoga bermanfaat.

loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Kriteria dalam Memilih Mitra Bisnis"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....