5 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Meminta Oleh-Oleh


Memang tidak ada yang salah ketika kita meminta oleh-oleh kepada saudara atau teman yang sedang bepergian. Apalagi jika yang dimintai oleh-oleh menwarkan sendiri apa yang kita inginkan alias ikhlas beramal. Tapi jangan sampai meminta oleh-oleh dijadikan kebiasaan. Nah, sebelum anda meminta oleh-oleh kepada saudara, rekan atau teman, coba pikirkan dulu 5 hal berikut ini: 
asli indonesia


1. Kasian, Duit Teman Terbatas
duit tidak punya
 Ketika keluarga atau teman anda pergi liburan, belum tentu dia mempunyai banyak duit. Mungkin anda berpikir "ahh… oleh-oleh paling berapa sih harganya." Tapi siapa juga yang tahu bagaimana perjuangan saudara atau temen anda buat ngumpulin dana untuk liburan. Bisa jadi dia sudah berusaha mati-matian ngumpulin duit untuk liburan. Duit seperak pun tetap berharga. Jadi, biar lah oleh-oleh datang dari inisiatif orangnya sendiri, lebih ikhlas dan halal tanpa ada paksaan. Tentu lebih enak untuk dinikmati.

2. Biarpun Cuma Sekedar Bercanda, Namun Bisa Bikin Temen Anda Kepikiran
jangan lupa oleh oleh
 Ketika teman kita akan berangkat liburan, kada kita ngomong asal "Oleh-oleh yaaaa.." atau “jangan lupa yaaa…”. Kalo teman anda tipe orang yang cuek sih gak bakalan ngaruh. Tapi bagi orang yang gak cuek tentu akan kepikiran dengan kata-kata anda. Biarpun cuma sekedar bercanda, namun teman anda tentu tidak bisa tenang ketika pulang tidak membawa oleh-oleh buat anda. Kasiaan kan teman anda kepikiran terus sepanjang liburan.

3. Kasian Jika Teman Anda Kebanyakan Tentengan
kasian teman atau saudara
Kalo oleh-oleh yang kecil cuma satu atau dua sih tidak akan Menuhin tas. Namun jika yang minta oleh-oleh tidak hanya anda namun semua teman anda, nah.. bagaimana teman anda membawanya? Pikirkan juga apa teman anda jalan-jalan pake backpack atau Pake koper? apa masih ada tempat dalam backpack atau kopenya? Terus yang bawa koper siapa? Aneh kan jika hanya demi bawain oleh-oleh, teman anda harus bawa kardus yang banyak. Mau jalan-jalan kok malah jadi banyak sekali yang dibawa? Kasian Teman kita.

4. Kalau Satu Orang Minta, yang Lain Juga Minta Gimana?
teman
Tau sendiri kan jika meminta oleh-oleh di hadapan khalayak luas, pasti yang lain mendengar terus semuanya jadi ikut-ikutan minta oleh-oleh juga. Kasian temen anda jadi bangkrut karena ditodong oleh-oleh sama masyarakat luas. Kalo cuma ngasih gantungan kunci, dibilang pelit. Bawa kue setoples, dibilang ngirit. Cuma ngasih ke satu orang dibilang pilih kasih. Serba salah...

5. Apakah Waktu Dia Cukup Buat Mampir Beli Oleh-Oleh?
oleh-oleh
Tidak semua orang suka mampir kesana dan kesini hanya untuk beli oleh-oleh. Apalagi teman yang pergi keluar daerah untuk mengemban tugas negara. Waktu jalan-jalannya pasti sempit banget. Jadi perlu waktu untuk mencari oleh-oleh.

Jadi sebelum meminta oleh-oleh kepada saudara atau teman, pikirkan dulu 5 hal diatas. Atau lebih baiknya jangan sampai anda meminta dibawakan oleh-oleh. Lebih baik kita menunggu seikhlasnya saja pemberian teman dan jangan sampai tidak bisa berterima kasih dengan apa yang telah diberikan teman kita. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Meminta Oleh-Oleh"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....