EPUPNS Bencana Bagi PNS



Jika anda seorang PNS maka anda pasti mengetahui tentang EPUPNS. EPUPNS merupakan Pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) nasional merupakan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara online dan dilaksanakan sejak bulan Juli dan berakhir pada Desember 2015. Lho?? Terakhirnya bulan Desember yah… Udah deket dong berarti? Iya, memang udah deket. Tapi mengapa saya sampai sekarang masih belum bisa input data (kelengkapan data) kesana yah? Soalnya webnya jarang dan hampir tidak bisa diakses. Terus bagaimana jika sampai lewat bulan Desember data saya belum bisa masuk juga? Ya, terpaksa anda diberhentikan dari PNS. Hoaaalah…. Betul….. Ternyata EPUPNS bencana bagi PNS.
 
trik epupns
 

Hal diatas Cuma sekedar ilustrasi percakapan dengan seorang PNS yang kesulitan untuk meng-input datanya ke Sistem EPUPNS. Tapi bukan hanya orang itu saja yang kesulitan melakukan input, saya juga sekarang sangat kesulitan untuk melakukan perbaikan data EPUPNS. Lha kenapa? Agak panjang neh ceritanya.

Pada bulan September 2015 lalu, sebelum adanya penjadwalan LOGIN, saya dapat login dengan mudah ketika jam 03.00 sampai dengan 08.00 (tengah malam sampai pagi). Sekarang, saya mencoba login tengah malam, masuk sih bisa, tapi setelah mengisi data terus disimpan, eh ternyata yang muncul adalah menu Login kembali. Saya masuk lagi dan mengisi lagi data saya, terus simpan lagi, munculnya login lagi. Terus menerus seperti itu. Kayanya EPUPNS ini memang sakti, jadi tiap kali nyimpan pasti munculnya menu login dan mulai lagi dari awal.
Problem Loading Page

Kemudian saya coba lagi neh pada hari sesuai jadwal. Eh malah tidak bisa diakses sama sekali, yang nongol cuma tulisan “Problem Loading Page” “please try again”. Dan selalu begitu terus-terusan.

Saya coba lagi neh hari minggu dan sabtu…. Eh masalahnya sama saja… simpan dan kembali ke menu login, simpan kembali lagi kemenu login, simpan lagi dan muncul tulisan “anda belum beruntung, silahkan coba kembali”. Wkwkwkwk.

Memang tidak ada yang sempurna dalam hidup ini. Begitu juga dengan aplikasi. Ya memang benar, itu tidak salah. Namun yang harus dipikirkan adalah sanksi yang dijatuhkan ketika PNS tidak bisa mengisi datanya sampai akhir Desember 2015, jika tidak mengisi maka akan diberhentikan. Seharusnya jangan diberi sanksi diberhentikan, perbaiki dulu servernya agar ketika semua PNS di Indonesia mengakses EPUPNS, servernya tidak kewalahan menghadapinya. Memberi sanksi itu mudah, memberhentikan PNS itu mudah, tapi perbaiki dulu program atau aplikasi yang menjadikan PNS itu diberhentikan. Jangan sampai PNS hanya di sodori dengan program yang katanya bagus namun tidak bagus dan akhirnya memakan korban. Seharusnya dengan memberlakukan sanksi yang begitu kejam tersebut, aplikasi EPUPNS sudah siap untuk menampung jumlah akses dari seluruh PNS se Indonesia. Seringnya epupns tidak bisa diakses menandakan bahwa kurang siapnya pelaksana dalam hal ini KEMENPAN dalam melaksanakan EPUPNS ini. Kemudian kesalahan tersebut dilimpahkan kepada PNS yang mungkin akan dikatakan bahwa PNS tidak melek internet dan sebagainya.

EPUPNS jika dibandingkan dengan facebook, dalam hal jumlah aksesnya sangat jauh berbeda. Pada bulan Januari 2015, tercatat ada lebih dari 1,2 miliar pengguna aktif di Facebook dan hingga saat ini sangat jarang ditemui kalo facebook mengalami overload dan tidak bisa diakses. Dibandingkan dengan epupns yang mengakses adalah hanya seluruh PNS di Indonesia yang jumlahnya hanya 4,375 juta namun sudah mengalami overload dan tidak bisa diakses.

Terakhir, jangan salahkan PNS jika mereka tidak bisa mengisi EPUPNS. Jangan salahkan mereka karena mereka tidak bisa mengakses EPUPNS. Perbaiki dan sempurnakan dahulu system EPUPNS nya agar seluruh PNS bisa mengaksesnya dengan nyaman sebelum hukuman pemberhentian itu dijatuhkan kepada PNS. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "EPUPNS Bencana Bagi PNS"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....