Mitos-Mitos Orang Tua Jaman Dahulu



Jika anda sudah berumur 30 an, mungkin anda sering mendengar mitos-mitos ini pada waktu anda kecil. Pada waktu anda kecil, orang tua kita sering menegur kita dengan mitos-mitos yang mungkin sekarang kita menganggapnya sebagai hal yang mustahil dan lucu bahkan konyol. Tapi percaya atau tidak, sewaktu kecil mungkin anda sangat percaya dengan hal tersebut, bahkan sering takut akan hal-hal tersebut. Langsung saja, berikut Mitos-Mitos Orang Tua Jaman Dahulu :
mitos

1. Jika menelan biji buah (buah apapun), nanti bijinya akan tumbuh dalam perut
Waktu kecil, mungkin anda pernah mendengar dari orang tua baik itu ayah, ibu, kakek ataupun nenek. Trus anda pasti langsung percaya dan akhirnya takut untuk menelan biji buah. Sekarang, terasa aneh jika kita mendengar kalimat tersebut diucapkan.

2. Jangan Menduduki Bantal, Nanti Pantatnya Bisulan
Ini juga nggak kalah anehnya. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa hubungannya menduduki bantal dengan bisul? Aneh bukan? Tapi setelah dipikirkan, mungkin orang tua kita hanya tidak ingin bantal beliau diduduki anda, karena beliau tidak mau berbaring di bekas pantat anda (takutnya anda beol atau kencing di bantal, karena anda masih kecil). Trus juga, duduk dibantal yang sering kita pakai untuk tidur tidak bagus jika dipandang dari segi etika.

3. Jangan Main sewaktu magrib, nanti diculik/disembunyikan hantu
Nah, ini juga termasuk mitos, namun maksud orang tua itu baik kok. Mengapa? Karena sebenarnya orang tua kita hanya ingin kita naik kerumah waktu mendekati magrib, trus harus shalat magrib (jangan ditinggalkan). Ambil hikmahnya yah….

4. Kunang-Kunang itu adalah Kuku Mayit
Mitos ini juga tidak kalah seramnya dengan mitos-mitos yang lain. Secara ilmiah memang tidak ada hubungannya. Mungkin agar anak-anak nurutin kata orang, dan tidak mengganggu makhluk hidup yang namanya kunang-kunang.

5. Jangan Duduk di Pintu Rumah, Nanti Jika Sudah Punya Pasangan Dimarahin Mertua
Sebenarnya hal ini gak ada hubungannya sama sekali, namun yang pasti ketika orang anda duduk di depan pintu, maka orang yang mau masuk kerumah akan sulit untuk lewat karena terhalang oleh anda yang sedang duduk di depan pintu. Begitu juga ketika anda dah merit trus duduk di depan pintu dan menghalangi jalan mertua, so pasti ditegur mertua. hehehe…

6. Anak-anak tidak boleh makan hati ayam, Pamali
Wah ini salah satu mitos yang benar-benar menipu anak-anak. Tau tidak, ternyata orang tua yang bilang hal tersebut lah yang ingin memakan hati ayam tersebut. Ketipu deh…
 
mitos dan fakta
Sebenarnya masih banyak lagi mitos-mitos orang tua zaman dulu, namun Cuma beberapa saja yang admin ingat, selebihnya sudah banyak yang lupa. Jadi seandainya ada yang ingat, harap koment yah… Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mitos-Mitos Orang Tua Jaman Dahulu"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....