Perbedaan smartphone mahal dan murah

Bagi sebagian orang, Smartphone pada saat ini bukanlah sebuah barang tarsier lagi, namun bagi sebagian lainnya mungkin adalah sebuah barang tarsier dan berkelas. Kepemilikan merk smartphone tertentu kadang dianggap menggambarkan kelas/status tersediri bagi penggunanya. Misalkan pemakai smartphone yang mahal dan bermerk seperti iPhone akan status yang berbeda dengan pemakai smartphone murah dari negeri China. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apa yang membuat ponsel mahal lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel murah. Memang secara alamiah kita lebih cenderung percaya bahwa semua ponsel mahal lebih unggul daripada ponsel murah, tanpa terkecuali. Baca Juga : 10 Ponsel Telaris Sepanjang Masa

Perbedaan smartphone mahal dan murah
 

Yang membuat menarik adalah teknologi yang semakin berkembang membuat fitur dan spesifikasi ponsel murah semakin mumpuni. Sebagai contoh, 3 tahun yang lalu smartphone android mungkin mungkin hanya mempunyai kapasitas RAM sebesar 512 dengan prosesor 1GHz. Namun sekarang ini kita bisa menikmati harga yang sama dengan fitur yang lebih baik, bahkan juga dengan dukungan teknologi 4G. Akan tetapi sebenarnya Smartphone mahal tidak melulu berbicara tentang fitur yang ada. Banyak faktor lain yang juga mempengaruhi harga selain merk. Berikut Perbedaan smartphone mahal dan murah:


1. Konstruksi yang Kuat dan Desain Premium
Desain Premium
Smartphone mahal biasanya dibuat dari bahan premium dan memiliki konstruksi yang baik. Misalnya dibalut dengan kulit atau kaca atau mengandalkan logam tertentu yang tahan banting. Biasanya smartphone dengan bahan premium ini membuat sebagian orang menjadi penasaran dengan kekuatannya. Jadi jangan heran jika ponsel mahal yang baru muncul atau baru dipasarkan menjadi bahan percobaan dengan melakukan serangkaian pengujian ekstrim seperti dibanting bahkan di tembak.
Sedangkan smartphone murah biasanya terbuat dari bahan plastik dan memiliki konstruksi yang lebih ringkih dan desainnya terkesan “murah”. Jadi jangan coba untuk membantingnya apalagi menembaknya.

2. Layar dengan Resolusi Tinggi
Rata-rata smartphone mahal memiliki resolusi yang tinggi. Resolusi layar standar smartphone mahal adalah Quad-HD dan kebanyakan memiliki resolusi full HD bahkan lebih.

3.Mempunyai Teknologi Unik
Galaxy Note 5
Namanya juga unik pasti menjadi ciri atau pembeda dari smartphone yang lain. Meskipun beberapa diantaranya dating bersama dengan beberapa barang tambahan. Misalnya, Galaxy Note 5 dibedakan dengan S Pen Stylus, iPhone 6s/6s Plus dengan 3D Touch dan bahkan keyboard dengan sentuhan unik yang sensitif seperti milik Blackberry Priv.

4. Chipset Terbaru dan Tercepat
Chipset Terbaru dan Tercepat
Aplle, Samsung dan merk besar lainnya menjadikan produk High End mereka selalu segar. Ini ditandai dengan penggunaan chipset terbaru dengan kekuatan yang besar. Generasi chipset pun mengikuti pola pemasaran sang pabrikan, keduanya saling terkait. Kecepatan selalu menjadi hal yang diunggulkan. Uji Benchmark selalu menjadi patokan seberapa besar kekuatannya. Tentu saja ini tidak terlalu dibesar-besarkan pada ponsel low end. Dan ini juga yang menjadikan ponsel low end selalu mengiklankan kemampuan multitasking produknya agar terkesan memiliki kemampuan yang tak kalah dengan produk smartphone high end.

5. Unggul di Kinerja Gaming
Kinerja Gaming
Perangkat keras di dalam smartphone mahal membuatnya ideal untuk memainkan game. Ini adalah alasan yang sangat mencolok mengapa kita menahan diri dari menjalankan game pada smartphone murah, karena mereka hanya tidak dilengkapi untuk menangani game kelas berat. Ketika anda memainkan game dengan frmae rate 15 FPS atau lebih rendah, yakin smartphone anda akan berjalan mulus dan ini bisa diatasi dengan ponsel murah. Tapi tidak dengan 30+ FPS yang hanya tersedia di sebagian besar smartphone mahal.

6. Pengalaman Software
Ketika melihat dua ponsel android dari pembuat yang sama, perangkat high end jauh lebih unggul dengan pengalaman yang lebih komprehensif. Dari segi mode satu tangan, ponsel mahal benar-benar bisa menjalankan side by side multi tasking dan banyak lagi. Sementara ponsel murah lain masih menggunakan fitur dasar yang sama, tetapi semua hal-hal yang bersifat tambahan hamper tidak ada.

7. Kinerja Kamera
Kamera menjadi hal yang paling penting untuk membedakan kedua kelompok smartphone. Ponsel yang memiliki kamera megapixel yang lebih tinggi tidak secara otomatis menjadi lebih unggul. Karena selain besaran megapixel, sensor dan lainnya akan mempengaruhi hasil foto. Di ponsel high end, memiliki sensor yang bagus dan teknologi lainnya yang memungkinkan untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Pencahayaan memainkan peran utama, melihat bahwa kebanyakan ponsel saat ini mampu memotret dalam pengaturan luar ruangan yang cerah, tetapi untuk cahaya yang sedikit, akan memiliki perbedaan yang besar antara ponsel mahal dan ponsel murah. Kinerja kamera kebanyakan ponsel murah dalam situasi gelap akan banyak menghasilkan noise. Sebaliknya ponsel mahal memiliki eksposur lebih cerah dan detail tajam.

Demikian perbedaan smartphone mahal dan murah. Semoga bermanfaat.
loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan smartphone mahal dan murah"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....