Ternyata, Inilah Alasan Mengapa Orang Ingin Menjadi PNS



Di Indonesia, menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) merupakan sebuah kebanggaan, baik itu bagi diri sendiri maupun keluarga. Sehingga tidak salah jika simbol sebagai abdi negara yang melekat pada diri PNS menjadi dambaan bagi setiap orang. Berbagai fasilitas dari gaji, tunjangan dan fasiltas lainnya yang tidak dimiliki oleh karyawan swasta mungkin menjadi alasan mengapa PNS menjadi cita-cita bagi banyak lapisan masyarakat. Inilah Alasan Mengapa Orang Ingin Menjadi PNS.


gaji pns
Setiap awal bulan, PNS selalu menerima gaji, dimana gaji ini dibayarkan terlebih dahulu sebelum PNS melakukan pekerjaan. Selain menerima gaji, PNS juga mendapatkan berbagai macam tunjangan seperti tunjangan jabatan, tunjangan daerah terpencil, remunerasi bagi PNS pusat, sertifikasi bagi guru. Melihat gaji dan tunjangan yang tersedia bagi PNS tersebut, wajar jika masyarakat dan banyak orang tua menginginkan anaknya menjadi PNS.

pensiun pns
2. Jaminan Hari Tua
Ini salah satu keuntungan menjadi PNS. Setelah masuk masa pensiun, para PNS tetap menerima gaji layaknya orang yang bekerja, walaupun gaji yang dibayarkan tidak lagi sebesar waktu masih aktif sebagai PNS, namun masih cukup untuk memenuhi kebutuhan hari tua. Dibandadingkan dengan karyawan swasta, jika memasuki masa pensiun hanya menerima uang pensiun dan tidak lagi di gaji setiap bulannya.

PNS diberhentikan
3. Jarang ada yang di PHK
Dalam bekerja PNS dilindungi undang-undang kepegawaian, peraturan pemerintah dan peraturan menteri. PNS yang diberhentikan atau yang di PHK hanya PNS yang benar-benar telah melanggar aturan dan tidak bisa lagi untuk di lindungi oleh kepegawaian. Biasanya hukuman bagi PNS kebanyakan hanya turun jabatan, turun pangkat, tahan pangkat dan jarang ada yang diberhentikan.

kenaikan gaji pns terbaru
4. Tiap Tahun Ada Kenaikan Gaji
Gaji PNS setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan, meskipun kenaikan gaji tidak begitu besar. Seperti pada awal tahun 2015 gaji PNS naik sebesar tujuh persen, namun pada tahun 2016 belum ada kepastian kenaikan gaji PNS. Selain kenaikan gaji dari pemerintah, setiap 2 tahun sekali PNS berhak mendapat kenaikan gaji berkala, dan setiap 4 tahun sekali berhak mendapatkan kenaikan pangkat yang berimbas pada kenaikan gaji juga.

THR PNS
5. Tiap Tahun ada Gaji Tambahan
Ini dia surprise bagi PNS di tahun 2016. Menurut informasi, mulai tahun 2016 PNS akan mendapatkan Gaji ke 13 dan THR. Gaji ke 13 memang sudah lama dilaksanakan, biasanya dibagikan pada pertengahan tahun. Dan untuk THR rencacanya akan dilaksanakan mulai tahun 2016 yang akan dibagikan pada saat menjelang Lebaran. Untuk besaran gaji ke 13 biasanya sama dengan gaji yang diterima setiap bulannya oleh PNS sedangkan untuk besaran THR kemungkinan akan sama juga dengan besaran gaji ke 13. Mantap.

mobil dinas
6. Berpotensi mendapat fasilitas rumah dinas dan kendaraan dinas
Untuk kendaraan dinas biasanya diperuntukkan bagi PNS yang sudah menduduki jabatan atau PNS yang bertugas dalam bidang tertentu yang memerlukan mobilitas tinggi. Sama halanya dengan rumah dinas juga diperuntukkan bagi pejabat tertentu.

idaman mertua
7. Terpenting, idaman mertua
Yang paling pasti neh, PNS masih menjadi simbol status dimasyarakat karena sebagian masyarakat masih menganggap PNS adalah profesi yang bergengsi. Para orang tua lebih suka punya menanantu PNS dari pada profesi lainnya. Terlebih buat perempuan, dengan menjadi PNS ia akan memiliki banyak waktu luang untuk keluarganya.

Itulah alasan mengapa banyak orang yang ingin menjadi pns. Semoga bermanfaat.
loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ternyata, Inilah Alasan Mengapa Orang Ingin Menjadi PNS"

  1. betul banget,10 tahun yang lalu PNS identik dengan gaji yang kecil..tapi sekarang disamping gaji,para PNS mendapatkan tunjangan-tunjangan rutin tiap bulan yg besarnya bisa menyamai gajinya,,dobel-dobel dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang gan, masih ingat tahun 2014, gaji CPNS golongan 2 hanya 480.000... hehehe... gak cukup sebulan.. sekarang mah enak...

      Delete

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....