7 tips memaksimalkan foto dalam ruangan



Foto portrait alias manusia di dalam ruangan bisa menjadi salah satu pose favorit bagi pencinta fotografi yang menggunakan ponsel. Tidak heran kamera ponsel yang bagus untuk melakukan potret di dalam ruangan menjadi buruan para calon pembeli smartphone. Namun, tahukah anda bahwa untuk memotret objek didalam ruangan tidak perlu menggunakan peralatan yang rumit dan mahal seperti di studio foto untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut 7 tips untuk memaksimalkanmemotret di dalam ruangan :
foto di dalam ruangan


1. Cahaya Terbaik
Untuk pencahayaan terbaik, cari disekitar rumah lokasi yang memiliki pencahayaan yang bagus. Bisa di dapur atau kamar yang mendapatkan  terobosan cahaya matahari yang cukup. Keindahan perabot rumah memang penting untuk dijadikan sebagai latar, namun hal tersebut bukanlah menjadi yang utama. Pencahayaan yang baik tetap merupakan hal terpenting.

2. Sederhanakan
Setelah menemukan pencahayaan yang bagus, kemudian singkirkan benda-benda yang akan mengganggu komposisi foto. Jauh lebih mudah membersihkan dan merapikan perabot ketika sebelum melakukan pemotretan ketimbang nantinya setelah foto jado harus di edit dan di otak atik kembali menggunakan fhotosop. Jika perabota sulit untuk dipindahkan, bisa disiasati dengan  mendekatkan target foto.

3. Kurang Cahaya
Foto orang atau objek di dalam ruangan identic dengan pencahayaan yang kurang. Atur semua setting kamera yang ada seperti Exposure, Scene, White Balance, ISO, hingga speed jika ada. Di dalam ruangan, kamera ponsel akan kesulitan menghasilkan foto yang terang. Jika perlu gunakan ISO yang tinggi agar foto dapat terekam dengan baik, meskipun nantinya akan muncul noise (bintik). Noise masih bisa diterima asalkan foto bisa tampil tajam.

4. Waktu
Seperti biasa, untuk mendapatkan cahaya dalam ruangan yang terbaik, waktu melakukan potret dilakukan sebelum jam 10 pagi atau diatas jam 3 sore hingga matahari terbenam.

5. Arah Cahaya
Saat memperoleh ruangan yang mempunyai pencahayaan baik, perhatikan arah cahaya yang masuk kedalam ruangan. Waspadai hasil foto berkabut saat objek membelakangi cahaya, foto dengan satu sisi cahaya berlebih yang dramatis, atau foto yang tapak datar karena terkena cahaya langsung. Putuskan suasana foto sesuai dengan hasil yang diinginkan.

6. Sudut Pemotretan
Hindari memotret wajah dari bawah (sudut rendah). Usahakan bidikan kamera sejajar dengan mata atau sedikit lebih tinggi. Tonjolkan sisi wajah kiri karena biasanya sisi wajah sebelah kiri jauh lebih menarik dibandingkan dengan sisi wajah sebelah kanan.

7. Cahaya Campuran
Hindari percampuran cahaya lampu ruangan dengan cahaya matahari yang masuk lewat jendela. White Balance bisa menjadi kacau dan sulit diperbaiki nantinya. Pilih satu pencahayaan saja, baik itu cahaya yang berasal dari lampu ruangan atau pencahayaan yang berasal dari cahaya matahari yang masuk saja.

Demikian 7 tips untuk memaksimalkan memotret di dalam ruangan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 tips memaksimalkan foto dalam ruangan"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....