Ketika Orang Tua Kita Meninggal


Ketika Orang Tua Kita Meninggal. Apabila suatu saat nanti ayah atau ibu kita meninggal dunia, turunlah ke dalam liang kubur dan sambutlah dengan tangan sendiri mayat beliau. Buka papan penutup keranda, kemudian angkat mayat Ibu atau Ayah kita dengan lembut. Biarkan kita yang mengangkat dan menghadapkan mayat Ibu atau Ayah kita ke arah kiblat. Jangan biarkan orang lain yang melakukannya. Kitalah yang harus melakukan. Kita jangan hanya jadi seorang penonton ketika ayah atau ibu kita memasuki liang lahat.

ibu
“Ibu/Ayah.. Terakhir kali ini aku melihat Ibu/Ayah". Biarkanlah aku yang melepaskan ikatan kafan di kepala dan tubuh mu. Pegang perlahan-lahan badan Ayah/Ibu kita, arahkan beliau dengan baik-baik, ambil gumpalan tanah kemudian letakkanlah di belakang tengkok Ayah/Ibu kita. "Ayah/Ibu, terakhir kali inilah aku melihat engkau". Terlintas dalam hati kita sambil memegang jasad tubuh Ayah/Ibu kita... Ingat sejak kita bayi, tangan Ibu kita ini yang mensuapi makanan ke mulut kita. Ingat hari pertama kita bisa berjalan, muntah, berak, beliau lah orang yang tidak pernah sedikit pun untuk menolak. Sebagaimana pun jahatnya anak terhadap beliau, kita tetap anak beliau dan selalu terima sebagai anak beliau. 

Naiklah ke atas dan duduklah di tepi makam beliau serta dengarkanlah "Talqin" yang di sampaikan untuk Ibu kita. Hari terakhir ini lihatlah, tidak ada benda apapun yang bisa kita berikan untuk bekal beliau kecuali hanya Doa:
"Ya Allah.. Aku angkat tanganku Ya Allah.. Aku ridho Kau ambil Ibu ku Ya Allah..
Dia yang melahirkan aku.. Ya Allah hari ini aku tinggal dia Ya Allah, aku serahkan dia atas urusan Mu belaka Ya Allah. Aku tadahkan tanganku Ya Allah.. Aku memohon dengan sangat-sangat Kau ampunkan dosa-dosa Ibu ku, tolong Ya Allah.. Kasihani Ibu ku Ya Allah.. Aku adalah hasil didikan dari dia. Ya Allah sayangi dia Ya Allah”. Aamiin...

Maka akan beruntunglah Ibu kita, apakah Allah akan menolak doa itu? Allah tak akan menolak doa ikhlas yang datang dari seorang anak. Pesan ini bagi sahabat-sahabat yang selagi punya Ibu dan Ayah yang masih hidup. Dan Bagi sahabat-sahabat yang Ibu dan Ayah nya telah tiada.
loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketika Orang Tua Kita Meninggal"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....