6 Manfaat Menabung Sejak Dini Yang Harus Anda Ketahui

Menabung memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat menabung bukan hanya untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dan untuk dana cadangan dimasa yang akan datang. Namun tahukah anda selain dari dua manfaat tersebut, masih banyak manfaat dari menabung yang tidak kita ketahui. Apa saja manfaat menabung yang jarang diketahui? Baca Juga: Percayalah, Harta Bukan Jaminan Kebahagiaan. Berikut Manfaat Menabung Yang Jarang Diketahui :

manfaat menabung melatih perencanaan

1. Melatih Perencanaan
Ketika waktu kecil, saya sering menagih sesuatu dengan orang tua. “ma, tolong dong belikan saya sepeda”. Lalu orang tua saya menjawab, “kalo pengen beli sepeda yang baru, kamu mesti menabung dulu yang banyak, biar nanti bisa beli sepeda baru”.
Dari ilustrasi tersebut dapat kita ketahui bahwa orang tua kita mengajarkan bahwa untuk memeli sesuatu yang uangnya belum ada sekarang kita musti menabung terlebih dahulu. Artinya, untuk memiliki sesuatu kita harus mempunyai sebuah perencanaan yang matang. Misalnya jika kita ingin memiliki rumah, maka kita harus merencanakannya dengan baik terlebih dahulu. Berapa dana yang harus dikeluarkan ketika membangun rumah. Dan untuk mencukupi tersebut, kita harus menabung dan terus berusaha untuk mendapatkan uang sedikit demi sedikit. Dengan menabung kita telah melakukan perencanaan yang baik. Dengan menabung kita telah melatih keterampilan perencanaan kita untuk mencapai apa yang di idamkan. Perencanaan yang matang dan dibarengi dengan menabuung untuk mencapainya akan membuat kita menjadi orang yang sukses.

manfaat menabung melatih kesabaran

2. Melatih Kesabaran
Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Mungkin inilah peribahasa yang pas untuk menggambarkan tentang kegiatan menabung ini. Seperti ilustrasi yang telah saya gambarkan pada poin pertama. Bahwa untuk embeli sebuah sepeda, kita perlu menabung setiap hari dan hal itu membutuhkan waktu yang lumayan lama. Bayangkan saja, setiap hari kita hanya bisa menabung 5 ribu rupiah perhari yang disisihkan dari uang belanja sekolah. Berapa lama waktu yang harus kita tunggu untuk mendapatkan uang sebesar 1 juta rupiah untuk membeli sepeda baru? Jawabnya adalah lumayan lama. Sehingga untuk mendapatkan sepeda baru tersebut dengan cara menabung membutuhkan kesabaran. Dengan menabung untuk membeli sesuatu yang diinginkan, kita secara tidak senagaja telah melatih diri kita untuk lebih sabar. Latihan kesabaran ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kehidupan. Oleh karena itu, sejak dini kita ajarkan anak-anak kita untuk menabung walaupun sebenarnya uang untuk membeli sepeda itu ada dan mencukupi.

manfaat menabung melatih disiplin

3. Melatih Disiplin
Menabung akan melatih hidup kita menjadi lebih disiplin. Dengan menabung, seorang anak akan mendisiplinkan dirinya sendiri dalam hal pengeluaran keuangan. Dia akan belajar memilih mana yang lebih utama untuk dibeli, sehingga uang sakunya ada sisa untuk ditabung. Untuk membeli sepeda baru, maka seorang anak akan terus mendisiplinkan dirinya dengan setiap hari menabung. Setiap hari dia akan berusaha menyisihkan uang belanjanya untuk mendapatkan apa yang diimpikannya. Jika ini dilakukan terus menerus, maka kebiasaan disiplin seperti ini akan mmebuatnya menjadi pribadi yang baik.

manfaat menabung melatih hidup sederhana dan tidak boros

4. Melatih Hidup Sederhana dan Tidak Boros
Dengan menabung, secara tidak langsung dia akan berlatih untuk hidup sederhana. Dengan menabung secara tidak sengaja seseorang akan terlatih untuk memilih apa yang sangat diperlukan dan apa yang tidak seharusnya dibeli. Dengan menabung, seseorang akan belajar tentang pentingnya menentukan sebuah prioritas dalam membelanjakan uangnya. Jika dianggap sangat urgent maka dia akan membelanjakannya. Dan jika dipandang tidak perlu maka uang tersebut akan disimpan dan ditabung. Namun, jangan salah sangka ya, tidak boros itu bukan berarti pelit. Hidup sederhana itu bukan berarti kikir. Namun bisa memilih dan memilah apa yang perlu dan yang tidak perlu.

manfaat menabung melatih menata keuangan

5. Melatih Menata Keuangan
Agar dapat menabung, seorang anak akan berusaha semaksimal mungkin mengurangi kegiatan belanjanya agar uang belanjanya ada sisa. Dia akan belajar untuk menata sedemikian rupa uang belanjanya agar ada sisa untuk ditabung. Dia akan belajar dengan sendirinya untuk memanagemen keuangannya. Dan ini akan sangat bermanfaat bagi anak ketika sudah dewasa nantinya.

manfaat menabung itu mengajarkan anak bahwa hidup butuh proses

6. Mengajarkan Bahwa Hidup itu Butuh Proses
Dengan menabung, secara tidak langsung kita diajarkan bahwa hidup itu butuh proses dan untuk memperoleh sesuatu itu tidaklah instan dan perlu perjuangan. Oleh karena itu sangat baik bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya untuk menabung, demi pembelajaran kehidupan bagi bekal ketika dia dewasa nantinya.

Demikianlah manfaat menabung yang jarang diketahui orang. Dengan begitu banyaknya manfaat dari menabung, maka bagi orang tua harus mengajarkan kepada anak-anaknya untuk menabung. Karena dengan menabung, bisa mendidik anak menjadi lebih kuat dan lebih tahan banting untuk menghadapi kehidupan yang keras ketika dewasa nantinya. Sekian dulu artikel dari saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "6 Manfaat Menabung Sejak Dini Yang Harus Anda Ketahui"

  1. Iya nih, bermanfaat banget menabung dari kecil tuh, paling kerasa biar hidup ngga boros

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita kudu ngajarin anak atau adik kita buat nabung mas, agar mereka tahu bahwa hidup itu tidak instan dan perlu proses.

      Delete
  2. setuju, bagaimanapun hidup butuh proses.. menjadi orang sukses juga butuh proses dan salah satunya ya menabung

    ReplyDelete
  3. Sayang sekali ya mas, saya baru tergugah untuk menabung setelah membaca atikel disini, mulai banyak2 nabung ini buat masadepan.. mantap artikelnya mas,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak mas. semoga kita bisa memulai untuk menabung dari sekarang

      Delete
  4. iya mas, saya juga lagi menabung disekolah adik saya walaupun seharinya tidak besar sih tapi saya belajar untuk hidup tidak boros :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga lagi ngumpulin dana buat adek saya kuliah tahun depan, tapi ternyata nabung itu perlu disiplin dan kesabaran yang tinggi. kalo gak ya terpaksa tabungannya dibongkar lagi dan lagi. sampai habis.he

      Delete

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....