5 Sifat Buruk PNS yang Harus Dibasmi

Dalam kehidupan bermasyarakat, PNS dipandang sebagai sosok yang bisa mengayomi dan membimbing masyarakat. seringkali seorang PNS dianggap sebagai orang yang dituakan dalam masyarakat. Status sebagai PNS adalah sebuah status yang harus dijaga daam kehidupan masyarakat. Seiring dengan tingginya status PNS dalam pandangan masyarakat, maka sudah seharusnya PNS menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat. Baca Juga: Inilah Rahasia Tentang Kehidupan PNS

kenaikan gaji pns tahun 2017

Dalam kehidupan kerja, seorang PNS dituntu untuk bekerja dengan professional dan memiliki dedikasi serta integritas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun faktanya, masih banyak terdapat PNS yang tidak profesional dan tidak memiliki dedikasi dalam melaksanakan pekerjaannya.

Dari uraian diatas, penulis mencoba untuk mnenguraikan beberapa sifat buruk PNS yang harus dibasmi, baik itu dalam hal pekerjaan maupun dalam hal hubungan kemasyarakatan. Berikut 5 Sifat Buruk PNS yang Harus Dibasmi :

pns

1. Sombong
Sebenarnya ini adalah salah satu sifat PNS yang banyak sekali ditemukan.
Sewaktu jadi honorer ataupun tenaga kontrak di pemerintahan, dia menjadi abdi Negara yang baik. Setiap hari datang lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan, kemudian rajin bersih-bersih, hormat kepada semua orang dan selalu memberikan senyuman terbaik untuk semua PNS yang ada dan kepada masyarakat yang meminta pelayanan.
Namun apa yang terjadi setelah dia diangkat menjadi PNS? Dia kemudian menjadi sosok lain alias berubah total. Dia kepengen duduk dikursi yang empuk, malas-malasan, kurang senyum kepada yang lain apalagi kepada masyarakat.
Ada juga neh saya nemu orang yang namanya “ndul” seorang PNS yang diangkat dari honorer. Sewaktu belum menjadi PNS dia “rela” dan “ikhlas” ketika di kampung hanya dipanggil dengan namanya saja yaitu “ndul”. Tetapi setelah menjadi PNS, kalo dipanggil “ndul” gak bakalan dia noleh, dianya minta dipanggil dengan sebutan “Bapak”. Hebat.
Ada juga neh saya nemu PNS yang gak mau make tas murahan, dan mesti make tas branded walaupun ternyata utang. Katanya malu kalo make tas murahan. Preet.
Dan kebanyakan PNS itu kalo jalan, gayanya beda dengan orang yang bukan PNS (masyarakat biasa). Biasanya gaya jalannya agak sombong dikit, kepala agak tinggi dan jalannya gaya pejabat yang mesti dihormati, padahal dia bukan pejabat tinggi Negara.
Ah sudahlah, intinya, banyak PNS dinegeri ini yang sombong dengan ke PNS annya. Dia sombong dengan baju yang dia pakai. Dia sombong dengan mobil yang dia pakai. Dia sombong dengan status yang dia sandang.

PNS malas

2. Malas
Saya banyak sekali menemukan PNS yang jenis ini. Datang kekantor telat, pulangnya pun cepat. Namun ada juga yang datangnya tepat, namun pulangnya cepat. Trus kerjaannya dikantor Cuma duduk manis, trus ngerumpi. Jam 9 atau sepuluhan duduk ngopi diwarung sampai jam 11 an. Trus siangnya pulang dengan alasan istirahat dan langsung kabur tanpa balik lagi kekantor.
PNS tipe ini jika disuruh mengerjakan sesuatu pasti banyak sekali alasan untuk menolak pekerjaan tersebut. Misalnya disuruh ngetik surat, alasannya tidak bisa. Trus disuruh apel alasannya sakit. Yah pokoknya tipe ini adalah tipe PNS yang sangay malas untuk bekerja.

Diklat PNS

3. Tidak Mau Belajar
Seorang PNS yang baik itu harus selalu siap untuk belajar dan terus belajar. Mengapa? Karena perubahan zaman seiring kemajuan teknologi menuntut seorang PNS itu mampu untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman.
Lain kata dengan tipe PNS yang satu ini. Tipe PNS yang seperti ini tidak pernah mau belajar. Alasannya macam-macam. Contoh neh, disuruh atasan ngetik surat dia bilang tidak bisa ngetik. Trus disuruh belajar ataupun kursus computer, dia bilang malas. Alasannya, “saya udah tua, udah mau pension, biarkan aja yang muda aja yang belajar”. Mumet dah kepala sang atasan jika nemu PNS macam gini.

Disiplin pns
4. Tidak Disiplin
Ini adalah permasalahan klasik. Bagi yang PNS neh, saya mau nanya kepada anda sekalian. Berapa persen sih PNS yang disiplin dikantor anda? Hayoo berapa banyak? Saya yakin pasti ada yang tidak disiplin.
Sifat tidak disiplin ini biasanya ditandai dengan datang telat dan pulang paling cepat. Trus disuruh apel gak mau, disuruh datang pagi gak mau dengan alasan macam-macam. Ada yang alasannya gara-gara nganter anak sekolah dulu, ada yang alasan sakit-sakitan. Yah, berbagai macam alasan untuk tidak mendisiplinkan diri.

pns korupsi
5. Ada Uang Baru Kerja
PNS itu menerima gaji terlebih dahulu baru bekerja. Beda dengan pegawai perusahaan yang bekerja terlebih dahulu baru menerima gaji. Artinya seorang PNS itu terutang kerja dengan Negara.
Namun, apa yang terjadi? Banyak PNS yang tidak mau bekerja dengan benar dan seharusnya jika tidak mendapatkan insentif diluar gaji. Misalnya neh, tidak mau menghadiri acara kedinasan yang tempatnya jauh jika tidka ada SPPD.
Trus ada juga neh, jika membuat surat pelayanan kepada masyarakat itu lamaaaa sekali, bahkan samapi satu bulan baru kelar.  Padahal jika dikerjakan dengan benar, hanya memerlukan waktu satu minggu. Namun jika dikasih uang, kerjaan tersebut cepat kelarnya. Ini PNS mata duitan dan gak nyadar diri sudah digaji oleh Negara.

Itulah dia 5 sifat buruk PNS yang semestinya dihilangkan dari diri PNS sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat. Dan semestinya tipe PNS seperti inilah yang “dihilangkan” atau harus dibina kembali agar menjadi PNS yang berkualitas, karena jika dibiarkan hanya akan menambah beban Negara, tanpa memberikan sumbangsih yang berarti. Semoga PNS yang membaca artikel ini menjadi PNS yang jujur, amanah dan selalu bisa mengabdi kepada bangsa dan Negara Indonesia.
loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Sifat Buruk PNS yang Harus Dibasmi"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....