Arti Baper dalam Bahasa Gaul

Mungin anda sangat sering dan sudah sangat familiar dengan Kata Baper. Anda mungkin sering melihat status orang di facebook, twitter ataupun media social lalinya yang mengatakan bahwa dia baper. Atapun anda sering melihat meme tentang baper. Yang jelas kata baper sangat familiar bagi kita. Namun, tahukah anda pengertian baper yang sebenarnya? Trus apa sebenarnya makna dan fungsi dari kata baper? Serta Darimana kata baper itu berasal? 

Arti Baper dalam Bahasa Gaul


Banyak orang yang mengatakan, “saya lagi baper neh”, “aduuh, baper juga akhirnya”, “lama-lama jadi baper” dan lain sebagainya. Namun sebenarnya belum tentu orang yang mengatakan tersebut mengerti apa itu kata baper yang sering dia ucapkan. Kadang orang tersebut hanya ikut-ikutan dan hanya mengerti sedikit tentang kata baper. Nah, disini matadunia.net akan memberikan penjelasan tentang arti baper dalam bahasa gaul.

Baper adalah singkatan
Ternyata neh, Baper adalah sebuah singkatan dari dua buah suku kata yaitu kata bawa kata perasaan. Sebenarnya jika kita menghubungkan dengan EYD (Ejaan yang disesuaikan), maka kata baper ini tidak termasuk dalam kata ejaan yang benar walaupun masih termasuk dalam susuan kata yang baik dan mudah dimengerti.

Pengertian Baper
Sudah kita jelaskan bahwa kata Baper berasal dari dua suku kata yaitu Bawa dan Perasaan. Secara harfiah, bawa berarti membawa tau mengangkat sesuatu baik barang ataupun yang lainnya. Selain itu kata bawa bisa juga berarti terbawa oleh sesuatu. Sedangkan Perasaan berarti hasil dari proses merasakan oleh panca indera manusia. Atau bisa juga berarti kondisi batin manusia saat melihat/merasakan sesuatu.

Oke gays… kemudian kita gabung pengertian dua kata dari bawa dan perasaan tadi menjadi bawa perasaan (baper). Secara harfiah neh yah atau secara estimologi, kalimat bawa perasaan berarti kondisi batin seseorang yang sedang merasakan sesuatu terbawa ataupun terhanyut oleh rasa yang ditimbulkan karena melihat/membaca sesuatu.

Secara istilah, baper itu bisa berarti macam-macam. Namun secara umum baper itu berarti terbawa ataupun terhanyut oleh perasaan karena melihat ataupun karena sesuatu yang dia rasakan.

Ada beberapa keadaan baper yang mengakibatkan perbedaan makna dalam mengartikannya. Berikut arti kata baper dalam beberapa kondisi:

1. terlalu perasa namun salah arti
Biasanya ini terjadi kepada cewe yang merasa bahwa dirinya sedang didekati oleh seorang cowo dan terlalu percaya bahwa si cowok mencintainya. Padahal cowok tersebut tidak mencintanya. Lho… hati hati ne buat para cewek, jangan terlalu hanyut dalam perasaan salah seperti ini.

Contoh kasus:
Ada seorang cewe yang berteman dengan seorang cowo. Sebutlah si cewek namanya bunga dan si cowok namanya Budi. Bunga dan budi berteman baik dan merupakan teman satu kelas di SMA. Budi adalah sosok laki laki yang baik hati. Dia sering membantu bunga bahkan boleh dikatakan dia sangat baik terhadap bunga walaupun sebenarnya dia tidak mencintai bunga. Selanjutnya Bunga, selalu merasakan bahwa kebaikan budi kepadanya adalah sebuah wujud cinta dan kasih budi kepadanya.
Suatu hari budi membuat status di media sosialnya: Sebenarnya aku cinta kamu.
Melihat status dari Budi, si Bunga langsung klepek klepek dan terhanyut dalam perasaan cintanya kepada budi. Diapun menyangka bahwa dialah yang dicintai oleh Budi, padahal tidak.
So, buat wanita, jangan terlalu percaya diri dengan perilaku laki laki yang perhatian dengan anda, karena belum tentu dia memberikan cintanya untukmu.

2. Sangat sensitif/ over sensitive
Ini sifat yang berbahaya dan jangan dipelihara yah. Biasanya orang yang memiliki sifat ini sangat mudah untuk terseinggung. ketika melihat kelakukan orang lain ataupun mendengar kata-kata orang lain yang dia rasakan mengena dengan dia, dia langsung terbawa oleh perasaannya dan langsung bertindak aneh.

Contoh kasus:
Kembali kepada Budi dan si Bunga. Suatu hari Budi posting status di facebook: “dasar cewek, serba salah. Gini slaah gitu salah, apa sih maunya?”. Orang yang dimaksud budi dalam statusnya itu bukanlah bunga, namun orang lain. Akan tetapi ketika si bunga membaca status tersebut, dia langsung merasa bahwa status tersebut ditujukan kepadanya. Langsung dah sedih dan gundah. padahal gak ada sangkut pautnya dengan dia.

Jadi orang itu jangan terlalu perasa. Sedikit aja teman bikin status yang galau udah kelimpungan dan gundah. ngapaian? Jika memang anda merasa bahwa status tersebut ditujukan untuk anda, maka segeralah konfirmasi dengan teman anda kebenarannya. Jangan buru-buru marah dan menyalahkan diri sendiri apalagi orang lain.

3. Terbawa kenangan cinta masa lalu
Nah, ini nih yang paling banyak kejadian. baper sering diartikan ketika seseorang melihat sesuatu (bisa jadi kejadian yang mirip dengan masa lalu, ataupun melihat foto mantan atau melihat film yang mirip dengan kejadian hidupnya dimasa lalu ataupun hanya sekedar melihat foto mantan) lalu hanyut terbawa perasaan dengan kenangan masa lalu dan merasa kenangan tersebut sangat indah. So sweet….

Contoh pertama:
Kembali kepada cerita Bunga dan Budi. Akhirnya Bunga dan Budi berpacaran sekitar 1 tahun yang dilalui dengan penuh kenangan. Setahun kemudian mereka putusan. Setahun kemudian, bunga mendapatkan kekasih yang baru yang bernama Anto dan memutuskan untuk menikah. Setelah 6 tahun menikah, bunga mempunyai 2 orang anak yang lucu dan cantik.
Suatu hari ketika dia lagi membuka facebook, tak sengaja dia menemukan fb Budi. Kemudian dia mulai membuka foto demi foto keondisi Budi sekarang. Ternyata Budi juga sudah menikah dengan orang lain dan juga sudah mempunyai anak. Bunga terus membuka foto foto milik budi, dan tak disadari, otak Bunga bekerja dan hatinya mulai merasakan getaran getaran aneh, berupa kenangan ketika dia dan Budi masih berpacaran.
Hatinya mulai dipenuhi kenangan masa lalu dan matanya mulai berkaca-kaca mengingat semua kenangan indah yang pernah dia lalui bersama dengan Budi. Oh Bunga… engkau sedang mengalami BAPER…….

Contoh Kedua:
Setelah melihat foto Budi d fb, Bunga mulai memberanikan diri untuk berkomunikasi dengan dia. Dimulai dengan saling sapa, kemudian saling bercerita, diteruskan dengan saling bertukar pengalaman dan akhirnya neh diteruskan dengan saling bertukar nomor hape.
Percakapanpun dilanjutkan melalui telpon. Kadang, tak terasa mereka berdua berbicara samapi satu jam untuk membicarakan hal hal yang sebenarnya tidak perlu dibicarakan. Sampai akhirnya mereka sering curhat tentang hubungan rumah tangganya. Dan akhirnya sekali perasaan aneh pun saling bermunculan di dalam hati Budi dan Bunga. Baper lagi…..

Oke gan..cukup dua buah contoh cerita saja yah…. Kalo kepanjangan entar yang nulis jadi baper juga. Lagian saya kan lagi nulis artikel, bukan nulis cerita pendek.

4. Membayangkan Hubungan cinta yang indah
Ini biasanya terjadi dengan wanita. Seorang wanita ketika melihat drama korea yang ataupun film india yang romantic, biasanya tanpa disadari akan meneteskan air matanya. Hayooo ngaku aja deh…. Pernah kan anda nangis ketika nonton drama korea? Hahaha… ingat… hidup itu tidak seindah Drama Korea.

Biasanya seorang wanita memiliki perasaan yang sangat peka terhadap sesuatu. Ketika menonton drama Korea, mereka sering mewe sendiri karena terhanyut dengan alur cerita yang begitu menyentuh. Akhirnya tidak jarang mereka membayangkan betapa indahnya hubungan yang terjalin seperti di dalam drama Korea tersebut. So sweeeet……

Nah itu adalah sedikit gambaran tentang Arti Baper dalam Bahasa Gaul. Panjang lebar dan mudah mudahan para pembaca bisa mengambil intisari dari semuanya. Terakhir dan paling akhir, jangan biarkan diri anda terhanyut oleh perasaan anda sendiri yang mungkin bisa merugikan anda, pasangan anda sekarang ataupun orang lain. Bagimanapun juga, kuta hidup dialam nyata, bukan dialam hayalan. Bangkit dan teruslah berjuang menjalani hidup.
loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Arti Baper dalam Bahasa Gaul"

  1. Semenjak ada kata-kata baper, setiap mau minta maaf dikatain baper. Padahal minta maaf itu perbuat yang baik loh, malah diledekin. hadeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...memang gitu gan. sedikit sedikit dikatakan baper. sedikit sedikit baper...

      Delete
  2. Boleh nanya gak bang, kalau arti gaul dalam bahasa zimbabwe gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadouh...jurang tau yah kalo di zimbabwe apa arti bahasa gaul? maaf yah...

      Delete
  3. wah si om nih baperan hiks hiks hiks

    ReplyDelete

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....