Doa Kafaratul Majlis

Para pembaca matadunia.net kali ini saya akan membagikan tentang Doa Kafaratul Majlis Arab dan Latin. Majlis disini adalah sebuah pertemuan baik itu rapat, perundingan, pengajian ataupun hanya sekedar berkumpul-kumpul untuk membicarakan sesuatu dengan teman. Nah setelah selesai melaksanakan pertemuan ataupun perkumpulan dengan melibatkan beberapa orang ataupun banyak orang lebih baik pertemuan tersebut ditutup dengan membaca doa penutup majlis.

Mengapa setelah melaksanakan majlis kita harus membaca doa? Jawabannya adalah agar segala sesuatu yang mungkin kita lakukan di dalam majelis tersebut mengandung dosa, mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Selain itu, kita juga berharap bahwa pertemuan tersebut dapat bermanfaat bagi kita dan semua yang berhadir didalamnya.

Jika kita mengikuti sebuah rapat, biasanya kita akan menemukan perdebatan kecil yang mungkin juga akan mengakibatkan perdebatan yang lebih besar. Hal ini mungkin berakibat pada keluarnya kata-kata ataupun perbuatan yang tidak menyenangkan bagi orang lain. Nah, hal tersebut tentu saja merupakan sebuah dosa bagi kita.

Untuk memohon ampun atas dosa yang telah kita perbuat di dalam majlis tersebut, maka kita harus membaca doa kafaratul majlis dengan harapan semoga Allah SWT menghapus segala kesalahan dan semua hal yang tidak berguna di dalam majelis tersebut.

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Daud. Isinya adalah sebagai berikut:
Doa Kafaratul Majlis

Artinya:
Dari Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu ’anhu ia berkata:
“Jika Rasulullah SAW hendak bangun dari suatu majelis beliau membaca: Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Seorang sahabat berkata: “Ya Rasulullah, engkau telah membaca bacaan yang dahulu tidak biasa engkau baca?” Beliau menjawab: “Itu sebagai penebus dosa yang terjadi dalam sebuah majelis.” (HR Abu Dawud)

Nah, itulah keutamaan membaca doa kafaratul majlis. Dan ini adalah sebuah hadist yang berasalah dari Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Artinya jangan takut untuk mengamalkan ini karena hal tersebut sesuai dengan Hadist atau perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW.

Sekarang, saatnya saya akan berbagi tentang bacaan Doa Kafaratul Masjlis Bahasa Arab dan Latin beserta terjemahannya. Adapaun alasan penulis menggunakan versi latin yaitu agar pembaca yang belum pandai membaca Bahasa arab dapat membacanya berdasarkan teks latin.

Adapun bacaan doa kafaratul majlis adalah sebagai berikut:

Doa Kafaratul Majlis

Teks latinnya:
Subhaanakallahumma wa bihamdika asy hadu alla i laa ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya:
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Para pembaca sekalian, itu adalah Doa Kafaratul Majlis dalam Bahasa Arab dan Latin serta saya sertakan juga terjemahannya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga majlis majlis yang kita selenggarakan dapat bermanfaat bagi semua yang hadir disana. Amien ya rabbal alamien.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Kafaratul Majlis"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....