Doa Menyembelih Hewan Qurban

Apakah Tahun ini anda akan melaksanakan ibadah qurban? Kalo iya, Alhamdulillah. Semoga rezeki anda selalu bertambah dan selalu bertambah karena anda sudah melaksanakan ibadah qurban. Kali ini matadunia akan berbagi tentang Doa Menyembelih Hewan Qurban. Doa ini saya ambil dari buku atau kitab Risalah Amaliah karangan H. Muhamad Kusairi Hamzah.

Doa Menyembelih Hewan Qurban

Namun sebelum saya melanjutkan ke inti pembicaraan ada baiknya kita membahas sedikit tentang ibadah qurban. Kata qurban sendiri berasal dari Bahasa Arab yaitu Qarrabaa, yu Qarribuu, qurbaanan; yang secara harfiah berarti pendekatan diri. Secara istilah Qurban berarti usaha yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara menyerahkan sebagian rezekinya kepada orang lain dengan harapan memperoleh Ridha dari Allah SWT.

Pengertian Qurban
Qurban berarti mengorbankan sesuatu yang bernilai dan berharga (unta, sapi dan kambing/domba) untuk dibagikan kepada orang lain dengan harapan hal tersebut dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Sejarah Ibadah Qurban
Sedikit bercerita tentang ibadah qurban. Qurban pada sejarahnya dimuali dari cerita anak Nabi Adam AS, yang bernama Qabil dan Habil. Kedua putera Nabi Adam tersebut mempersembahkan Qurban kepada Allah SWT. Namun yang terjadi adalah qurban yang dilaksanakan oleh Qabil tidak diterima oleh Allah SWT dan qurban yang dilaksanakan oleh Habil diterima oleh Allah SWT.

Alasannya adalah karena Qabil berqurban dengan hasil pertaniannya yang jelek-jelek sedangkan Qabil berqurban dengan menyembelih seekor kambing yang sehat dan dalam kondisi yang baik.

Sejarah yang kedua adalah sejarah yang sangat masyur menjadi penyebab pelaksanaan ibadah Qurban. Yaitu cerita Nabi Ibrahim AS dengan Nabi Imail AS.

Ringkas ceritanya saja. Nabi Ibrahim memiliki anak yang bernama Nabi Ismail. Ketika Nabi Ismal berumur 6-7 tahun, Nabi Ibrahim bermimpi mendapatkan perintah dari Allah SWT supaya menyembelih puteranya Nabi Ismail AS. Mimpi tersebut bukan hanya sekali namun 3 kali. Terasa sangat berat bagi beliau untuk melaksanakan perinta tersebut, karena Nabi Ismail masih kecil dan merupakan anak kesayangan beliau. Namun karena ini adalah perintah dari Allah, beliau pun melaksanakannya.

Sebelum menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail, Nabi Ibrahim menanyakan terlebih dahulu kepada Nabi Ismail tentang pendapat dan kesiapannya dalam melaksanakan perintah Allah tersebut.

Nabi Ismail dalah seorang yang sangat taat kepada Allah. Mendengar bahwa itu adalah perintah langsung dari Allah, tanpa ragu Nabi Ismail langsung menyanggupinya, bahkan beliau memberikan semangat kepada ayahnya Nabi Ibrahim AS.

Singkat cerita, dilaksanakanlah perintah tersebut yaitu menyembelih anaknya. Pada saat Nabi Ibrahim mau menyembelih leher Nabi Ismail, ternyata Allah menggantikannya dengan seekor domba. Dan selamatlah Nabi Ismail dan tunailah kewajiban melaksanakan perintah Allah.

Pelaksanaan Ibadah Qurban
Ibadah qurban dilaksanakan pada hari raya Idul Adha. Dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 12 Zulhijjah. Waktu pelaksanaan berqurban yaitu 3 hari. Jadi bagi yang ingin berqurban silahkan memilih waktu yang tepat diantara tiga hari tersebut.

Ibadah qurban merupakan Sunnah Muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oeh setiap orang muslim. Ibadha ini menjadi wajib dilaksanakan ketika kita mempunyai hajat (berhajat) untuk melaksanakan ibadah qurban.

Sebelum melaksanakan ibadah qurban, sebaiknya pilihlah Sapi ataupun kambing atau domba yang benar-benar sehat, sampai umurnya dan gemuk. Jangan berqurban dengan hewan yang belum sampai umurnya dan sangat kurus badannya serta tidak sehat tubuhnya. Jika memelihara sendiri, maka pilihlah sapi ataupun kambing yang paling sehat dan paling gemuk diatara yang lain ataupun yang paling anda sayangi diantara yang lain. Biasanya yang dipilih untuk berqurban adalah hewan dengan jenis kelamin jantan dan bukan betina.

Doa Menyembelih Hewan Qurban
Sampai kita pada inti pembicaraan. Nah ketika hendak memotong hewan qurban, kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Sebelum membaca doa, alangkah baiknya kita mulai dengan bacaaan Basmalah.

Kemudian membaca doa menyembelih hewan qurban seperti dibawah ini:
doa menyembelih hewan qurban Arab

Doa Menyembelih Hewan Qurban


doa menyembelih hewan qurban Latin
Bismilllahirrahmaanirrahiim….
Bismillahi wallaahu akbar. Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa sallim. Allhumma minka wa ilaika taqabbal minnii.

Demikianlah doa menyembelih hewan qurban Bahasa arab dan latin yang bersumber dari kitab Risalah Amaliah karangan H. Muhamad Kusairi Hamzah. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Menyembelih Hewan Qurban"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....