Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu

Kali ini matadunia.net akan membagikan tentang Doa Untuk Orang Yang Meninggal Dunia. Lho mengapa harus didoakan? Ya karena mereka adalah keluarga kita. Setiap muslim itu adalah saudara. Apakah boleh kita mendoakan orang yang sudah meninggal? Tentu saja boleh. Karena itu adalah sebuah kebaikan. Dan jika ada yang tidak setuju silahkan saja diabaikan artikel ini.

Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu

Setiap kali ada keluarga, kerabat, teman, tetangga ataupun orang tercinta kita meninggal dunia. Sudah pasti kita akan merasa sangat kehilangan. Apalagi orang tersebut adalah orang yang sangat berjasa dalam kehidupan kita. Nah, seandainya ada keluarga ataupun kerabat dan teman kita yang meninggal dunia apa yang harus kita lakukan? Salah satu caranya adalah dengan mendoakannya.

Doa yang akan saya bagikan ini ini biasanya dibaca saat melakukan shalat jenazah yaitu pada takbir ketiga. Seperti yang kita ketahui bahwa pada takbir pertama kita membaca Al-Fatihah, kemudian pada takbir yang kedua kita membaca shalawat, pada takbir ketiga kita membaca Allahummaghfirlahu… dan seterusnya, dan yang terakhir pada takbir yang keempat membaca Allahumma La Tahrimna Ajrahu.. dan seterusnya.

Untuk bacaan doa pada takbir ketiga pada shalat jenazah biasanya lebih pendek dari doa yang akan saya bagikan ini. Doa ini adalah khusus doa bagi mayyit ataupun jenazah diluar shalat jenazah. Terus apakah boleh bacaan ini dibaca diluar shalat jenazah? Tentu saja boleh. Itu kan doa, jadi silahkan saja dibaca diluar shalat jenazah.

Doa ini akan saya bagi dalam dua macam berdasarkan jenis kelamin. Hal ini karena ada perbedaan kata Bahasa arab Antara jenis kelamin laki-laki dan jenis kelamin perempuan. Ingat jangan ketukar yah, jangan sampai doa yang dikhususkan untuk mayyit laki-laki kemudian anda baca untuk mayyit perempuan. Begitu juga sebaliknya. Pokoknya jangan sampai terbalik membacanya.

Oke selanjutnya saya akan bagikan bagaimana isi doa untuk orang yang meninggal dunia yeng berjenis kelamin laki-laki. Berikut isinya:

Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu

Lafaz atau tulisan latin Doa Untuk Orang Yang Meninggal Dunia adalah sebagai berikut:
Allahummaghfir lahu, warhamhu, wa ‘aafihi wa’ fu’anhu, wa akrim nuzulahu, wawassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmaa i, wattlji walbardi wanaqqihi minalkhaayaa kamaa yunaqqattubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wazaujihi wa adkhilhuljannata wa a’idzhu min ‘adzaabilqabri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar. Allahummaghfir lihayyinaa wa mayyitinaa wa syaahidinaa wa ghaaibinaa wa shaghiiranaa wa kabiiranaa wa dzakarinaa wa untsaanaa. Allahumma man ahyay tahu min naa fa ahyihi ‘alal islaami wa man tawaffay tahu min naa fatawaffahu ‘alal iimaan. Allahumma laa tahrimnaa ajrahu wa laa tudhillanaa ba’dahu birahmatikayaa ar hamar raahimiin. Walhamdulilllahi rabbil ‘aalamien.

Terjemah Doa Untuk Orang Yang Meninggal Dunia adalah sebagai berikut:
Ya Allah, ampunilah dia (laki-laki), rahmatilah dia (laki-laki), lindungilah dia (laki-laki) dan maafkanlah dia (laki-laki), Dan muliakanlah tempat tinggalnya sekarang ini, dan lapangkanlah kuburnya (laki-laki). Bersihkanlah dia (laki-laki) dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia (laki-laki) dari segala kesalahan sebagaimana Engkau telah membersihkan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya didunia dengan rumah yang lebih baik daripada yang dia tinggalkan, dan gantilah keluarganya didunia (yang ditinggalkan) dengan keluarga yang lebih baik (diakhirat). yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, dan istri yang lebih baik dari yang ditinggalkan. Masukkanlah dia (laki-laki) ke dalam surga, dan lindungilah dia (laki-laki) dari siksa kubur serta fitnahnya, dan dari azab api neraka. Ya Allah berikanlah ampunan bagi kami yang masih hidup dan yang telah meninggal dunia, dan bagi kami yang hadir, dan bagi kami yang ghoib, dan kami yang masih kecil (anak-anak), dan kami yang dewasa, dan bagi kami laki-laki dan bagi perempuan. Ya Allah, siapapun yang hidup diantara kami, maka hidupkanlah dalam Islam, dan siapapun yang Engkau matikan diantara kami, maka matikanlah kami dalam Iman. Ya Allah, janganlah Engkau halangi kami atas pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan rahmat-Mu wahai Tuhan yang Maha pengasih penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Selanjutnya adalah doa bagi jenazah atau orang yang sudah meninggal dengan jenis kelamin perempuan:

Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu

Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu


Lafaz atau tulisan latin Doa Untuk Orang Yang Meninggal Dunia adalah sebagai berikut:
Allahummaghfir la haa, warham haa, wa ‘aafi haa wa’ fu’an haa, wa akrim nuzula haa, wawassi’ madkhala haa, waghsilha bilmaa i, wattlji walbardi wanaqqiha minalkhaayaa kamaa yunaqqattubul abyadhu minaddanasi wa abdilhaa daaran khairan min daarihaa wa ahlan khairan min ahliha wazaujahaa wa adkhilhuljannata wa a’idzhu min ‘adzaabilqabri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar. Allahummaghfir lihayyi naa wa mayyiti naa wa syaahidi naa wa ghaaibi naa wa shaghiira naa wa kabiiranaa wa dzakarinaa wa untsaanaa. Allahumma man ahyay tahu min naa faah yihi ‘alal islaami wa man tawaffay tahu min naa fatawaffahu ‘alal iimaan. Allahumma laa tahrimnaa ajrahaa wa laa tudhillanaa ba’dahaa birahmatikayaa ar hamar raahimiin. Walhamdulilllahi rabbil ‘aalamien.

Demikianlah doa untuk orang yang meninggal dunia. Jika ada kesalahan baik dalam penulisan ataupun kesalahan pengetikan dan lainnya, tolong pembaca memberikan saran dan arahan. Karena penulis bukan seorang yang banyak ilmu agama. Sekian dan terimakasih. Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada kita untuk selalu mendoakan keluarga, sahabat, tetangga dan orang yang kita sayangi yang sudah meninggal dunia mendahului kita. Amien.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Orang Meninggal Allahummaghfirlahu"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....