Ismul A'zham

Ismul a'zham adalah bacaan doa yang sangat terkenal dikalangan kaum muslimin. Dalam Kitab Muhatashar Ma’aanii yang terdapat dalam kitab Risalah Amaliyah karangan H. M. Qusairi Hamzah menyebutkan bahwa “barangsiapa membacanya (Ismul Azham) ketika memulai berdo’a, niscaya Allah SWT akan mengabulkan hajatnya”.
 
Ismul A'zham

Jadi jika anda menginginkan hajat ataupun keinginan anda tercapai dan doa anda dikabulkan oleh Allah SWT, maka ada baiknya anda membaca Ismul A’zham sebagai permulaan dalam berdoa. Setelah selesai membaca Ismul A’zham, barulah anda memohon kepada Allah apa yang anda inginkan.

Selain itu, agar doa anda dikabulkan oleh Allah, dalam berdoa alangkah baiknya anda dalam keadaan suci terlebih dahulu. Basic itu suci dari hadast besar dan kecil. Artinya lebih baik anda dalam keadaan berwudhu. Sebaiknya juga dilakukan setelah selesai shalat.

Berdoa itu diibaratkan dengan seolah kita menghadap pembesar negeri (presiden ataupun raja). Bayangkan, saat menghadap presiden ataupun raja dengan sebuah permintaan kepadanya, apa yang akan anda lakukan sebelum mengdapnya? Tentu saja anda akan membersihkan diri terlebih dahulu, kemudian memakai pakaian yang terbaik yang anda punya. Dan juga memakai wangi wangian.

Berdoa itu juga harus dengan memohon yang benar-benar memohon. Artinya, jangan sampai anda tidak serius dalam memohon sesuatu kepada Allah. Fokuslah dengan permohonan anda. Upayakan anda merendahkan diri anda kepada Allah. Jangan pernah merasa paling tinggi. Jangan pernah merasa sombong dan mampu di hadapan Allah. Rasakanlah bahwa diri kita tidak berdaya dan tidak mampu dan tidak manusia seorangpun yang mampu menolong anda kecuali Allah.

Dalam berdoa anda harus berserah diri kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Anda harus merasa bahwa hanya Allah lah yang mampu menolong anda. Selain itu, anda harus lkhlas memohon kepada Allah. Jangan ada keterpaksaaan dalam berdoa.

Kemudian yakinlah bahwa Allah pasti mengabulkan doa dan permintaan anda. Karena Allah sudah menjamin hal tersebut. "Ud ‘uunii astajib lakum", rtinya: Mohon lah atau berdoalah kepada Ku, niscaya Aku kabulkan permohonan atau doa darimu.

Oleh karena itu, jika ada sebuah permasalahan ataupun hajat ataupun keinginan yang ingin anda capai, maka berdoalah kepada Allah. Dan agar doa anda terkabul dan lebih mujarab lagi maka mulailah dengan bacaan ismul a’zham.

Berikut bacaan ismul a’zham kitab Risalah Amaliyah karangan H. M. Qusairi Hamzah :
Bacaan Ismul A'zham Arab:

Ismul A'zham

bacaan al ismul a zham Latin:
Allaahumma innii as aluka yaa Allaahu yaa Allaahu yaa Allaahu balaa wallaahi antallaahu laaaa i laa antallaahu allaahu allaaahu wallaahi antallaahu laaaa i laaha illaa anta  yaa hayyu yaa qayyuum.

Demikianlah bacaaan Ismul A'zham yang dibaca sebelum berdoa memohon kepada Allah SWT. Semoga dengan membaca Ismul A'zham, doa kita semua dikabulkan oleh Allah SWT. Amien ya rabbal Alamien. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ismul A'zham"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....