Doa Halarat

Doa Halarat adalah doa yang ditujukan sebagai pengakuan atas perbuatan yang salah atau pengakuan terhadap kesalahan yang telah kita perbuat secara tidak sengaja dengan harapan kesalahan yang kita lakukan tersebut diampuni oleh Allah SWT. 

Doa Halarat


Di Kalimantan Selatan, khususnya di daerah Kandangan. Pada waktu saya kecil doa ini sering dipanjatkan ketika ada seseorang yang secara tidak sengaja menjatuhkan, terinjak (mohon maaf) secara tidak sengaja, melangkahi atau melakukan sesuatu yang dianggap tidak menghormati Kitab Suci Al Qur’an.

Biasanya yang banyak melakukan kesalahan ini adalah anak kecil. Ketika anak kecil tersebut secara tidak sengaja menjatuhkan al qur an, orang tuanya langsung menyiapkan kue ataupun makanan (biasanya dengan kue Lemang atau dengan bubur habang (merah) dan bubur putih) dengan mengundang beberapa tetangga ataupun keluarga dekat, lalu dibacalah doa Halarat ini dengan harapan kesalahan si anak dapat ampunan dari Allah SWT.

Zaman sekarang ketika umur saya sudah menginjak kepala 3 dan sudah mempunyai 3 orang anak (ketahuan kalo penulis sudah punya 3 anak, hahaha), acara pembacaan doa Halarat ini sangat jarang terdengar. Entah mungkin sudah mulai ditinggalkan atau mungkin doa ini hanya dibaca dalam satu keluarga saja dan tidak mengundang tetangga atau mungkin tidak ada kesalahan yang dianggap tidak menghormati Al Qur’an atau mungkin telah terjadi pengikisan rasa hormat terhadap Al qur’an. Saya tidak pernah tahu.

Yang jelas maksud bacaan doa halarat ini adalah untuk mengakui bahwa kita telah melakukan sebuah kesalahan yaitu tidak menghormati Al Qur’an walaupun hal tersebut tidak disengaja dengan harapan kesalahn tersebut mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Al Qur’an adalah sebuah kitab suci yang harus kita hargai dan kita sucikan dan harus kita perlakukan dengan baik. Karena Al Qur’an adalah suarat dari sang maha pencipta kepada kita makhluknya. Al Qur’an bukan lah hanya sebuah kitab dengan tulisan Arab. Namun Al Qur’an adalah kalam ilahi yang sudah sewajarnya kita menghormatinya.

Banyak cara untuk menghormati Al Qur’an. Adapun adab terhadap Al Qur’an diantaranya adalah:
  1. Menjaga dengan baik kondisi Al Qur’an. Jangan sampai Al Qur’an berdebu diatas lemari karena tidak sering dibaca. Atau bahkan banyak dimakan rayap karena hanya menjadi hiasan diatas meja.
  2. Tidak menulis atau mencetak ayat Al Qur’an disembarang tempat. Misalnya dalam undangan perkawinan, karena ditakutkan ada orang lain yang akan membuang undangan tersebut ketempat sampah atau malah terinjak-injak undangan tersebut. Dan hal ini bisa jadi akan menimbulkan dosa bagi kita yang menulis atau mencetaknya.
  3. Ketika akan mengangkat Al Qur’an, maka dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu atau dalam keadaan suci dari hadast besar dan kecil.
  4. Ketika membuka halaman Al Qur’an jangan memakai air liur karena dianggap tidak sopan terhadap kitab suci.
  5. Ketika membaca Al Qur’an, jangan meletakkan Al Qur’an lebih rendah dari lutut (ketika duduk) apalagi menaruhnya dilantai. Karena hal ini dianggap tidak menghormati Al Qur’an.
  6. Jangan menaruh Al Qur’an sembarangan. Taruhlah ditempat yang agak tinggi seperti diatas meja atau ditempat yang sudah ditentukan. Jangan sampai setelah membaca Al Qur’an, kemudian diletakkan dilantai, karena dikhawatirkan ada orang yang tidak melihat akan terinjak atau melangkahinya.
  7. Satu ayat dalam Al Qur’an tetaplah merupakan Al Qur’an. Jadi walaupun Cuma ada satu ayat di dalam kertas, maka itu sama saja dengan Al Qur’an. Segera amankan tulisan tersebut jangan sampai dibuang kedalam bak sampah.
  8. Letakkan Al Qur’an diatas buku atau kitab kitab lain. Jangan sampai meletakkan Al Qur’an di bawah buku atau kitab lain.
  9. Ketika mengambil Al Qur’an, ciumlah dengan perasaan bahwa inilah kalam Ilahi yang harus kita jaga dan kita hormati. Bawalah dengan cara mendekapkan kedada dengan harapan dada kita dipenuhi oleh cahaya Al Qur’an.

Mungkin masih banyak lagi adab terhadap Al Qur’an yang belum saya sebutkan.

Nah sekarang matadunia.net akan membagikan Doa Halarat yang dibaca ketika kita ataupun anak kita ataupun keluarga kita melakukan kesalahan terhadap Al Qur’an seperti tidak sengaja melangkahi, tidak sengaja terinjak, tidak sengaja menjatuhkan ataupun yang lainnya.

Doa Halarat Arab

Doa Halarat


Doa Halarat Latin

Bismillahirahmaanirrahiim.
Allahumma Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa illam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriin. Rabbanaghfirlanaa dzunubanaa wa kaffir ’annaa sayyiaa tinaa wa tawaffanaa ma ‘alabraar. Rabannaa aatinaa fiddunyaa hasanatau wafil aakhirati hasanatau wa qinaa ‘adzaa bannaar. Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmatan innaka antal wahhaab. (Allhumma maghfiratuka au sa’u min dzunuubinaa wa rahmatuka arjaa ‘indanaa min a’maalina ) 3x. rabbbanaa taqabbal minnaa innaka antassamii’ul ‘aliimu wa tub ‘alainaa innaka antat tawwaabur rahiim.

Mungkin ketika anda membaca artikel ini anda akan menanyakan mana dalilnya, mana hadistnya dan mana ini dana mana itunya? Ya sudahlah. Saya tidak ingin berdebat. Inilah amalan kami yang kami anggap baik bagi kami. Silahkan amalakan saja amalan kalian dan jangan ganggu amalan kami.

Terakhir, semoga doa halarat yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amien. Mohon dishare agar kita semua dapat menjadi orang yang bisa menghormati dan menghargai Al Qur’an sebagai Kitab Suci yang merupakan Kalam Ilahi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Doa Halarat"

Post a Comment

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....