Panduan Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Yang mana dikerjakan setelah tidur terlebih dahulu, kemudian barulah bangun sebentar untuk mengerjakan sholat tahajud. Setelah itu bisa melanjutkan tidur kembali atau melanjutkan ibadah sampai waktu subuh

Panduan Sholat Tahajud Lengkap

Sholat tahajud ini sangat disarankan untuk dikerjakan, karena termasuk salah satu dari amalan orang-orang yang soleh. Diriwayatkan dari sebuah hadist Ahmad jika Aisyah mengatakan “Rasulullah SAW mengerjakan sholat malam ini setelah beliau mengerjakan sholat isya sampai waktu fajar menjelang”.

Nah, itu artinya sholat tahajud itu sangat baik untuk dikerjakan. Selain mendapatkan pahala dan mudah diijabahnya doa-doa kita, juga menurut para peneliti mengatakan bahwa sholat tahajud ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Makanya hanya orang-orang  yang mengerjakan sholat tahajud inilah yang dapat merasakan manfaatnya. Untuk lebih jelasnya tentang sholat tahajud, yuk simak baik-baik.

Keistimewaan Sholat Tahajud

Sholat sunnah Tahajud merupakan sholat malam yang dapat memberikan banyak keistimewaan bagi orang yang mengamalkannya. Bahkan, bukan hanya mendapatkan keistimewaan di akhirat saja, tetapi juga akan mendapatakan manfaatnya di dunia ini. Berikut ini beberapa keistimewaan sholat tahajud :

1.    Doa-doa kita akan lebih mudah didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Keistimewaan yang pertama ini bukanlah tanpa dasar yang ada. Berdasarkan hadist riwayat Muslim dan Ahmad. Dalam hadist tersebut dikatakan bahwa Jabir R.A berkata bahwa beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya seorang muslim yang memohon kebaikan di dunia dan di akhirat kepada Allah SWT. di malam hari itu, maka Allah SWT. akan mengijabah (mengabulkan) doanya. Apalagi lagi, jika hal ini bisa dilakukan setiap malam.

2.    Shalat sunnah yang paling utama setelah sholat fardhu
Rasulullah SAW. bersabda yang berisi bahwa seutama-utamanya sholat setelah sholat fardhu adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari atau sholat tahajud. (Diterangkan dalam HR Muslim)

3.    Janji surga bagi orang yang mengamalkan Sholat tahajud
Orang yang mengerjakan sholat tahajud dengan penuh keikhlasan, maka balasan surga yang didapatkannya. SebagaimanaHR Tirmidzi bahwa Abdullah bin salam berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda: “Hai sekalian umat manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, serta sholat malamlah ketika manusia sedang tidur agar kamu selamat dan masuk surga”.

4.    Dijanjikan tempat yang terpuji

Hal ini didasarkan dalam QS. Al Isra ayat 79, yang menjelaskan bahwa jika seorang muslim rajin mengamalkan sholat tahajud, maka seorang tersebut akan mendapatkan tempat yang mulia dan terpuji.

5.     Wajahnya akan senantiasa bersinar
 
Seseorang yang terbiasa mengerjakan shalat tahajud, maka tanpa disadari wajahnya akan tampak lebih bersinar. Begitu juga dengan hatinya yang selalu tertuntun untuk merjakan kebaikan-kebaikan dan mencegah perbuatan keji.

6.    Melancarkan aliran darah di dalam tubuh
 
Bukan hanya mendapatkan manfaat secara rohani, tetapi mengerjakan sholat tahajud juga akan mempengaruhi kesehtan jasmani kita ini. Ketika udara masih segar, bersih, dan oksigen belum tercemar, maka pada waktu itulah kesehatan paru-paru dan kelancaran peredaran darah kita semakin sehat.

Beberapa keutamaan di atas, tentunya telah membuktikan bahwa nilai sholat tahajud itu begitu istimewa. Karena itulah sudah sepantasnya sholat ini dilaksanakan setiap malam dengan rajin.


Batas Waktu Sholat Tahajud

Pada dasarnya sholat tahajud ini dikerjakan pada malam hari setelah tidur terlebih dahulu.  Waktu yang paling afdol untuk melakukan sholat tahajud ini ialah pada waktu sepertiga akhir malam, menurut riwayat hadist Bukhari dan Muslim.

Namun apabila diambil berdasarkan waktu yang kita miliki, maka untuk waktu sepertiga malam yang pertama yaitu dimulai selepas kita selesai mengerjakan sholat isya sampai dengan pukul 11 malam. Kalau untuk waktu sepertiga malam yang kedua dimulai dari pukul 11 malam sampai kurang lebih pukul 2 pagi. Sedangkan waktu sepertiga malam yang terakhir yaitu  dimulai dari pukul 2 pagi sampai dengan terbit fajar atau menjelang waktu subuh.


Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

a.    Berapa Rakaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud dikerjakan minimal dua rakaat dengan sekali salam atau empat rakaat dengan dua kali salam. Sedangkan untuk batasan maksimalnya, bisa disesuaikan dengan batasan kemampuan kita masing-masing. Rasulullah SAW melaksanakan sholat tahajud dibarengi dengan  1 atau 3 rakaat witir. Beliau juga pernah sholat tahajud 8 rakaat dengan 3 rakaat witir. Beliau juga pernah sholat tahajud 8 atau 10 rakaat dengan 1 rakaat witir.

Sholat tahajud yang paling dianjurkan untuk dilaksanakan adalah dua rakaat dengan satu salam. Sedangkan, untuk aturan sholat witirnya bisa  disesuaikan dengan jumlah rakaat yang dilaksanakan pada waktu sholat tahajud. Misalnya, untuk 3 rakaat witir, ada dua pilihan yang bisa dikerjakan. Pertama, 3 rakaat sekaligus dengan 1 salam. Kedua, 2 rakaat dahulu lalu salam kemudian 1 rakaat lalu salam.

b.    Surat Yang Dibaca Dalam Sholat Tahajud

Dalam mengerjakan sholat tahajud, sebaiknya setelah membaca surah Al-Fatihah pada rakaat pertama membaca surah Al-Kafirun. Sedangkan pada rakaat yang kedua, sebaiknya membaca surah Al-Ikhlas. Tetapi, semua tergantung keinginankan kita mau membaca surah yang mana saja. pilihlah surah yang kamu hafal atau kuasai, agar tidak salah membaca nantinya.


Tata Cara Sholat Tahajud

Sebenarnya tata cara melaksanakan sholat sunah tahajud ini tidaklah berbeda dengan cara melaksanakan shalat lainnya. Dimana  dimulai dengan Takbiratul Ihram yang dibarengi dengan Niat Shalat dan diakhiri dengan Salam. Tetapi, hanya niatnya saja yang berbeda dari niat bacaan sholat lainnya.

a.   Niat Sholat Tahajud

Inilah Bacaan Niat Sholat Tahajud, yaitu:

niat sholat tahajud
Artinya yaitu “Aku (berniat) shalat tahajud 2 rakaat karena Allah Ta’ala”.


b.    Langkah-Langkah Mengerjakan Sholat Tahajud
  1. Mengucapkan takbir (Allahhuakbar) sambil mengangkat kedua tangan ke atas seperti takbir sholat biasanya, dibarengi dengan melafalkan niat dalam hati.
  2. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa iftitah. Karena sifatnya sunnah, akan lebih baik apabila dilakukan
  3. Barulah lanjutkan membaca surat Al-fatihah.
  4. Setelah itu membaca surat pendek Al Quran, yaitu seperti surah An-Nas, Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau surat lainnya dalam Al Quran.
  5. Melakukan gerakan ruku’, i’tidal, sujud, hingga salam sambil membaca bacaan untuk gerakan tersebut.
  6. Untuk rakaat selanjutnya, ikuti langkah 2-6
  7. Setelah salam, Anda disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, dan doa sholat tahajud

Dzikir Setelah Sholat Tahajud
Setelah melaksanakan Sholat Sunah Tahajud ini, sebaiknya jangan langsung berdiri. Duduklah dulu sebentar sambil membaca doa dan dzikir. Setelah Shalat Tahajud atau di awali dulu dengan bacaan – bacaan dzikir seperti membaca Istighfar,Tasbih, Tahmid, dan Shalawat Nabi. Sebab dengan membaca dzikir kita menjadi lebih dekat dengan Allah.
Inilah bacaan dzikirnya :

Dzikir Setelah Sholat Tahajud


Bacaan Dzikir Istighfar tersebut sebaiknya dibacakan sebanyak – banyaknya atau minimal sebanyak 100 kali, setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca Tasbih dan Shalawat Nabi.
Bacaan Tasbih :
Bacaan Tasbih

 Bacaan Shalawat Nabi :
Bacaan Shalawat Nabi

Bacaan Dzikir Tasbih (diatas) dan Shalawat Nabi Muhammad Saw (dibawah) dibacakan sebanyak 32 kali atau lebih

Harus dipahami  bahwa fungsi dari Berdzikir itu untuk semakin mendekatkan diri kita kepada Sang pecipta Alloh Swt sehingga sebaiknya di bacaan dengan ikhlas dan khusyu. Setelah anda selesai Berdzikir anda bisa melanjutkan membaca Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud dibawah ini.

Doa Sholat Tahajud

Di bawah ini merupakan bacaan doa sholat tahajud dalam bahasa Arab :

Doa Sholat Tahajud


Apabila belum bisa membaca bahasa Arab, silahkan baca Doa sholat tahajud dalam teks latin di bawah ini
ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Arti Doa Sholat Tahajud

 “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”


Itulah tadi panduan sholat tahajud atau yang selama ini kita kenal dengan sholat malam. Sholat tahajud ini sangat banyak faedahnya untuk di dunia maupun di akhirat. Maka dari itu, setelah membaca tentang sholat tahajud tadi, kita semua semakin rajin dalam mengerjakan sholat tahajud ini. Semoga artikel panduan sholat tahajud ini mampu membuka mata hati kita agar lebih giat lagi dalam beribadah, terutama mengerjakan sholat malam atau sholat tahajut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Sholat Tahajud"

Posting Komentar

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....