photo lineviral_1.png

3 Jenis Bisnis Online Dan Variasinya

Banyak sekali jenis bisnis online namun kali ini hanya menyimpulkan dari banyaknya jenis bisnis menjadi 3 saja. Hal ini untuk memudahkan pembahasan mengenai bisnis online agar tidak harus kemana-mana seolah-olah pembahasan yang berbeda dari bisnis yang sudah berjalan ribuan tahun.

3 Jenis Bisnis Online Dan Variasinya

Mengenai penjelasan tentang jenis bisnis online, sebenarnya tidak terlalu penting dibahas. Ketika sudah masuk dunia online, apapun jenis produk dan layanannya maka sudah disebut bisnis online. Pada hakikatnya pengertian bisnis online adalah bisnis yang memanfaatkan media online.

Berikut 3 jenis bisnis online yang bisa anda jadikan inspirasi untuk bisnis anda sendiri:

1. Bisnis Yang Mengandalkan Produk Fisik


Jenis bisnis online yang satu ini mengandalkan produk fisik. Jenis ini memang sudah lama dijalankan oleh manusia sebelum munculnya era online. Ketika muncul era online, tentunya dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan konsumen.

Jenis ini pun terbagi lagi menjadi 3 jenis lagi yaitu:

Product Owner

Orang yang sengaja membuat produk sendiri untuk dijual secara online. Untuk bisa menjadi product owner (pemilik produk) memang harus menguasai skill tertentu yang bersifat kerajinan seperti pembuatan baju, sepatu, kerudung, topi dan sebagainya. Contoh yang paling populer dalam produksi produk fisik adalah pembuatan kerajinan pakaian.

Reseller

Biasanya digunakan untuk pelaku bisnis yang malas membuat produk sendiri atau memang tidak memiliki keahlian dan modal dalam membuat produk. Menjalankan bisnis jenis ini memang tidak membutuhkan modal. Hanya saja masih membutuhkan penanganan serius dalam hal pengelolaan barang penjualan.

Dropship

Hampir sama dengan reseller. Namun dropship lebih menitikberatkan pada marketing produk. Karena tidak ada kegiatan pengemasan dan pengiriman produk. Semua penanganan masalah selain marketing dilakukan oleh penyedia produk alias suplier, entah langsung dari si produsen sendiri atau agen. Jenis ini cocok untuk pemula yang benar-benar malas mengurus penjualan fisik dan hanya ingin menangani dalam hal marketing saja.

2. Bisnis Yang Mengandalkan Produk Digital


Jenis bisnis online yang kedua ini hampir benar-benar muncul ketika sudah memasuki era online atau ketika muncul produk komputer. Karena yang difokuskan adalah penjualan produk digital yang bersifat non fisik. Biasanya berbentuk software, ebook, vidio, audio, game dan sebagainya.

Bisnis jenis ini pun terbagi lagi menjadi 3 jenis lagi seperti yang ada di pembahasan bisnis jenis produk fisik.

Product Owner

Anda tahu siapa bill gates? Yes, ia adalah yang memproduksi microsoft, baik word, excel atau yang lainnya. Namun apakah anda bisa memproduksi yang hampir sama dengannya? Tentu bisa namun membutuhkan tenaga ahli, modal, keberanian untuk membangun sebuah bisnis. Namun bila impian tersebut sulit tercapai, tentu bisa menjadi product owner dengan memproduksi yang lain. Anda bisa membuat vidio pembelajan, ebook, website, tema blog dan sebagainya agar menjadi produk owner. Sederhana saja untuk memiliki produk digital pribadi.

Reseller

Di Indonesia, jenis ini kurang familiar. Namun di luar negeri, penjualan produk dengan jenis reseller memang sudah banyak. Arti menjual produk dengan jenis reseller adalah membeli produk berlabel PRL atau MMR yang akan dijual kembali dengan harga yang sudah ditentukan atau terserah masing-masing individu. Bisa dianggap melakukan duplikasi penjualan namun dengan cara legal kerena mendapat hak penjualan produk.

Affiliate Marketer

Hanya bertugas memasarkan produk saja. Apabila mendapat penjualan lewat link affiliate yang sudah disediakan, tentunya pihak marketer akan mendapatkan komisi sebesar yang sudah ditentukan diawal  pemilihan produk.

3. Bisnis Yang Mengandalkan Jasa


Bisnis online yang berjenis jasa online pun banyak. Anda bisa mencari berbagai jasa di internet. Namun di sini bisa disimpulkan menjadi 3 jenis jasa saja.

Jasa Pengerjaan: Jasa yang menandadalkan pengerjaan manusia seperti menulis, membuat website, mendesain dan sebagainya.

Jasa Media: Contoh mudahnya adalah jasa hosting dan domain. Jadi jasa yang hanya menyediakan media online.

Jasa Publikasi Iklan: Program yang paling popuper adalah Google Adsense. Banyak sekali blogger yang menjadikan blognya sebagai jasa publikasi iklan. Bisa juga hanya sebagai penyedia jasa iklan langsung dari pemilik iklan tanpa perantara.

Semoga artikel yang kami sajikan bisa bermanfaat untuk sahabat online semua, keritik dan saran yang membangun kami tunggu pada kolom komentar di bawah ini, semoga aktifitas anda hari ini menyenangkan.
Buat lebih berguna, kongsi:
close