photo lineviral_1.png

5 Panduan Belajar Blogging Bisnis Untuk Pemula

Apakah anda seorang pebisnis online pemula? Bila memang iya, anda berada di tempat yang tepat dalam panduan belajar blogging bisnis. Anda akan mengetahui langkahnya bagaimana seharusnya pemula membangun blog untuk kepentingan bisnis online.

Panduan Belajar Blogging Bisnis Untuk Pemula
Jangan sekali-sekali anda meremehkan kegiatan blogging bila mau merutinkan kegiatannya. Karena akan menambah kesia-siaan saja. Tujuan membuat blog apalagi untuk bisnis tentu dengan harapan bisa terbaca banyak orang dan terus terbaca, baik oleh pengunjung lama atau baru. Ujung dari itu, tentunya potensi penghasilan dari kerja atau bisnis bisa diraih.

Untuk itu, anda perlu memperhatikan panduan belajar blogging agar langkah anda dalam jalur yang benar dan tidak mendapat kesia-siaan. Terlebih anda berniat membuat blog untuk kepentingan menghasilkan uang di internet, maka sangat penting memperhatikan panduan blogging.

1. Menentukan Niche Blog Yang Akan Dibangun


Bisnis apa yang akan anda bagun atau produk apa yang sedang anda jual? Ini akan menentukan proses pembuatan blog. Sebagai bagian dari rencana blogging bisnis, menyesuaikan tema bisnis dengan blog memang dianjurkan. Pada dasarnya tidak perlu sampai seperti ini. Namun bila ingin cepat menghasilkan penjualan dalam jumlah yang banyak, penting memikirkan kesesuaian.

Berikut niche blog untuk beberapa bisnis atau produk:


Blog untuk bisnis pakaian bisa memakai tema kehidupan wanita dan fashion
Blog untuk bisnis tas bisa memakai tema wanita dan fashion
Blog untuk bisnis kecantikan bisa memakai seputar tema kecantikan wanita
Blog untuk bisnis kesehatan wanita bisa memakai tema kesehatan wanita
Blog untuk menjual kursus bahasa inggris bisa memakai tema tips belajar
Dan sebagainya harus anda pikirkan sebelum membuat blog
Menentukan niche market untuk blog biasanya mengacu pada kata kunci. Walaupun tema yang diambil seputar kecantikan, namun anda harus memilih kata kunci yang lebih mendukung untuk blog niche.

2. Menggunakan Platform Dari Blogger


Seorang pemula biasanya tidak mau dibebani dengan modal yang terlalu besar. Bahkan untuk pemula bermodal cekak akan memilih media gratisan. Terpenting bisa mendapat penjualan, katanya. Maka dalam membuat blog bisnis, bisa dengan menggunakan platform dari blogger.com

Memang ada yang lain yang tidak kalah dengan blogger.com yaitu WordPress. Tetapi menggunakan WordPress gratisan masih jauh lebih baik menggunakan Blogger.com

3. Membuat Blog dan Membangun Konten


Strategi ini sangat penting. Setelah anda menemukan niche blog bisnis anda. Maka anda bisa membuat blog. Memuat blog yang dimaksud adalah mendaftar di Blogger untuk membuat sub domain blog dan melakukan pengaturannya. Ada banyak sekali panduan dalam hal ini. Namun anda akan dipusingkan dengan informasi yang terkesan bertentangan.

Saran terbaik adalah membeli template blog pada ahlinya. Di samping akan mendapatkan template yang profesional, standar SEO, juga akan bisa berkonsultasi bila ada masalah pemasangan template blog.

4. Optimasi SEO dan Promosi Blog


Bagaimana seharusnya melakukan optimasi? Kalau anda belajar dari awal, akan dipusingkan dengan berbagai teori SEO dan promosi blog. Di sinilah modal anda dibutuhkan. Lebih baik menggunakan jasa SEO dan promosi agar tidak dipusingkan dengan berbagai hal. Sesuai pengalaman yang ada, pemula yang mencoba sendiri melakukan marketing online blog dengan pemula yang mengandalkan jasa marketing online, modal yang dikeluarkan sama saja jumlanya. Awal-awal jangan dipusingkan masalah ini.

Anda harus mengandalkan:


Jasa backlink SEO
Jasa like Facebook
Apa yang diunggulkan dalam hal itu? Yaitu konten yang mendukung penjualan produk. Jadi buat terlebih dahulu konten artikel yang berisi review produk bila produk bisa di review.

5. Menghasilkan Uang Dari Blog (Monetize)


Selamat! Blog bisnis anda berada pada titik puncak untuk menghasilkan yang di internet. Bagi yang sudah memiliki produk bisnis atau layanannya, maka tinggal menunggu pemesanan. Bagi yang belum, tentunya harus memikirkan ‘bisnis apa saja yang akan dijalankan?” Jalan terbaik adalah mengikuti program affiliate marketing.
Buat lebih berguna, kongsi:
close