photo lineviral_1.png

6 Cara Menjalankan Bisnis Online Terpercaya di Mata Konsumen

Info seputar cara menjalankan bisnis online aga bisa dipercaya konsumen merupakan info yang perlu anda perhatikan baik-baik, jangan sampai anda mengabaikan dalam hal ini. Kenapa? Begini. Seseorang yang menginginkan berbisnis namun kondisinya masih miskin harga diri, miskin kepercayaan, maka keinginannya tidak atau sulit terwujud. 


6 Cara Menjalankan Bisnis Online Terpercaya di Mata Konsumen

Begitu juga bila konsumen kehilangan rasa percaya atau miskin percaya pada penawaran produk anda, mereka tidak atau sulit untuk mengeluarkan uangnya untuk membeli sesuatu yang anda tawarkan. Paham kan bahwa hal tersebut penting diperhatikan?

Untuk itu sebagai pemilik bisnis harus selalu mencari cara agar konsumen setiap waktu memiliki peningkatan kepercayaan pada produk atau layanan yang anda tawarkan. Bila sudah menemukan kiat sampai membuat konsumen tidak pikir panjang membeli produk, maka tandanya anda berhasil.

Ada 6 (enam) cara  bisnis online dianggap terpercaya di mata konsumen.

1. Keterbukaan Identitas Diri


Apa susahnya untuk menampilkan sosok pribadi sang pemilik bisnis? Hal ini penting untuk menghilangkan kekhawatiran mengenai penipuan bisnis online. Banyak orang yang sudah menjadi korban karena indetitas kurang jelas. Bahkan bisa jadi mereka mencantumkan identitas di situsnya namun ternyata palsu.

Untuk itu maka anda tidak hanya menampilkan foto dan identitas diri. Anda juga harus menampilkan identitas diri lewat media sosial yang membuat identitas diri tidak bisa dipalsukan. Dengan media sosial yang terlihat aktif, selalu digunakan untuk kebutuhan pemesanan, dan lainnya, akan terlihat terpercaya.

2. Menyediakan Beberapa Alat Komunikasi


Anda tidak perlu memasukkan beberapa nomer sebagai kegiatan untuk komunikasi. Satu nomer telepon atau handphone memang cukup. Namun bila ingin menambah alat komunikasi, pastikan dari jenis yang berbeda seperti menyediakan yahoo messanger satu jenis, email satu jenis,  BBM tentu satu jenis.

Ini hal penting juga. Namun jangan memberikan yang berlebihan karena justru akan membingungkan konsumen. Seperti nomer hp yang seharusnya 1 nomer malah 3 nomer. Ini hal yang salah, kecuali jika 3 nomor itu berbeda operator,  dan ketiganya itu selalu aktif.

3. Pelayanan Yang Cepat


Pada dasarnya hal ini penting. Namun ada bisnis online tertentu yang tidak membutuhkan pelayanan cepat seperti bisnis jasa pembuatan website atau sejenisnya yang bisa fleksibel menanggapi atau melayani. Karena apa yang diminta konsumen bukan sesuatu yang primer namun lebih kepada opsional saja. Setidaknya dalam jangka 1 hari bisa merespon konsumen.

Berbeda bila ada seorang pelaku toko online, maka respon cepat memang dibutuhkan. Karena produk yang diinginkan memang produk kebutuhan. Bila ada konsumen bertanya-tanya, anda harus menanggapi yang lebih serius.

Namun juga perlu perhitungan dalam memberikan pelayanan yang cepat. Tujuannya untuk menyesuaikan kadar pelayanan cepatnya dengan harga yang diberikan. Bagaimana mau cepat bila produk yang ditawarkan berharga miring?

4. Menampilkan Produk Dengan Detail


Coba anda bandingan gambar sepatu terlihat jelek dengan gambar sepatu yang terlihat bagus. Pastinya akan memilih gambar yang bagus. Begitu juga dalam memberikan penjelasan produk, maka penjelasan yang bermutu akan lebih membangun kepercayaan konsumen. Sebisa mungkin untuk menampilkan produk dengan baik, bukan hanya pada jualan ofline tetap merpaan yang hanya perem.

5. Menyediakan Beberapa Nomer Rekening


Memiliki nomer rekening dari beberapa bank ternama memang penting. Apalagi nomer rekening untuk kebutuhan bisnis online produk fisik. Jangan sampai pengeluarannya cukup besar dalam memesan sebuah produk ke kita. Sudah ada biaya ongkir, eh malah dipotong biaya administarasi bank.

Memang disarankan memiliki beberapa nomer rekening bagi bisnis yang sudah dianggap unggulan. Biasanya menggunakan BCA, BRI, MANDIRI dan BNI. Namun bila belum memiliki banyak pelanggan, 1 saja cukup.

6. Membuat Program Garansi Produk


Memberi garansi artinya memberi kepercayaan. Itu saja. Maka seharusnya ketika menjual produk atau layanan, diutamakan untuk memberikan jamiman atau garansi agar konsumen merasa aman membeli produk ke tempat anda.


Semoga artikel yang kami sajikan bisa membantu anda dalam menjalankan bisnis online, jangan lupa berikan komentarnya di kolom komentar di bawah ini.
Buat lebih berguna, kongsi:
close