photo lineviral_1.png

8 Langkah Meningkatkan Organic Reach Facebook

Kontribusi Organic Reach semakin berkurang seiring dengan perubahan algoritma Facebook. Pada satu sisi sebagai pengguna Facebook, hal ini sangat menyenangkan karena otomasits timeline kita tidak akan penuh dengan informasi hard-selling dari Page yang ada. Namun di sisi lain sebagai pe-Bisnis, tentunya akan berakibat semakin sulitnya untuk menjangkau target pasar kita secara mudah.

Langkah Meningkatkan Organic Reach Facebook


Banyak pertanyaan kepada saya bagaimana meningkatkan Organic Reach agar setiap posting yang kita kirimkan dapat diterima oleh fans secara maksimal. Berikut beberapa tips dalam membuat sebuah konten posting.

1. Tambahkan Foto / Video yang Menarik

Bandingkan kedua posting di bawah.

Satu posting dengan video sementara lainnya dengan general picture. Dapat dilihat bahwa penambahan video yang menarik telah membuat organic reach meningkat 30 x lipat. Rata-rata posting dengan video menghasilkan organic reach yang jauh lebih baik.

2. Hindari Penambahan Tulisan dalam Photo secara berlebihan.

Penambahan tulisan yang terlalu banyak di dalam foto, selain secara estetika menjadi kurang bagus, juga akan menjadi masalah ketika posting tersebut akan kita promosikan dengan iklan. Karena salah satu aturan iklan dalam Facebook adalah porsi tulisan dalam gambar tidak boleh lebih dari 20%.

3. Jangan Menulis Posting Terlalu Panjang

Walaupun dalam Facebook jumlah karakter dibatasi hingga 60,000 karakter (Wow…batas yang tidak mungkin kita capai kecuali kalau iseng…hehehe), namun bukan berarti kita dapat menulis sekehendak kita. Salah satu kelemahan orang Indonesia adalah malas membaca. Tulis seperlunya saja atau buat alur cerita yang menarik sehingga fans akan membaca hingga selesai. Perlakukan fans Anda sebagaimana Anda ketika akan meninggalkan bacaam yang terlalu panjang dan tidak penting!

4. Posting Interaktif dengan Fans

Buatlah posting berupa pertanyaan atau quiz atau apa saja yang membuat fans Anda terprovokasi untuk menjawab. Contoh : “Kalau Anda jadi saya, kira-kira apa yang akan Anda lakukan jika menemukan uang 2 Milyar di dalam amplop? Beli Ferrari atau Investasi?”

Menurut Anda, kira-kira berapa banyak fans yang penasaran untuk menjawab pertanyaan walaupun hanya iseng?

5. Perhatikan Waktu Posting

Ingatlah bahwa fans Anda tidak selamanya online dan memantau timeline Facebook mereka. Lihatlah kapan mereka online dan kapan offline. Menurut data secara umum, orang mulai aktif ber-Internet pada jam 9 pagi – 12 siang. Jam 2 – 5 sore. Lanjut lagi jam 8 – 11 malam. Walaupun masih banyak yang membuka melalui mobile, namun jam tersebut di atas adalah peak time dari para pengguna Internet. Anda bisa melihat bagaimana tren waktu dari fans Anda melalui fitur insight/wawasan.

6. Postinglah Sesuatu yang Bermanfaat

Sebagaimana Anda, fans Anda pun akan lebih tertarik kepada sesuatu yang bermanfaat. Apakah bermanfaat untuk diri mereka sendiri atau keluarga atau teman-teman mereka. Kecenderungan orang akan senang menunjukkan bahwa mereka lebih paham, lebih aware, lebih up to date terhadap  segala sesuatu, sehingga apabila ada sesuatu yang baru dan bermanfaat, pasti akan mereka share kepada teman-teman mereka. Posting Anda akan menjadi viral dengan sendirinya.

7. Kirimkan Posting 3-5 x dalam Sehari

Walaupun Anda memiliki bahan posting yang banyak, namun fans Anda bukanlah tempat sampah yang akan dengan senang hati menerima seluruh posting Anda. Ingat juga, Anda tidak sendirian dalam men-targetkan fans Anda. Mungkin ada ratusan Facebook Page lain yang juga menjadikan fans Anda sebagai target mereka. Bijaksanalah dalam mengirim posting. Focus on Quality and not only Quantity

8. Tambahan Hashtag yang Populer

Untuk mendapatkan organic reach, Anda dapat memanfaatkan popularitas dari sebuah hashtag. Pilih hashtag yang memang sesuai dengan posting yang akan Anda kirimkan di halaman Facebook. Kemudian masukan hashtag tersebut. Facebook akan memilih fans yang memang sedang tertarik dengan topik dalam hashtag tersebut.

Oke, mudah-mudahan tulisan kali ini ada manfaatnya.
Buat lebih berguna, kongsi:
close