Inilah Alasan Mengapa Harus Beriklan di Facebook Ads

Untuk memperkenalkan produknya dengan lebih cepat dan murah, banyak para pebisnis online memanfaatkan Facebook sebagai media untuk beriklan. Bahkan mereka rela menghabiskan beberapa juta rupiah hanya untuk beriklan di Facebook. Namun tidak semua paham mengapa mereka harus beriklan di Facebook. Apakah benar bahwa Facebook adalah media iklan digital yang tepat bagi produk kita saat ini? Atau mungkin kita lebih baik menggunakan media beriklan lainnya?

Mengapa Harus Beriklan di Facebook Ads


Oh ya, sebelum beriklan tentunya Anda harus memiliki halaman bisnis / fanpage di akun FB personal Anda. Silakan membaca artikel saya sebelumnya membuat halaman bisnis di FB

Baiklah, di bawah ini kami jelaskan beberapa hal yang menjadikan Facebook sangat efektif sebagai media beriklan.

Facebook Menciptakan Demand (permintaan)


FB Ads sangat tepat bagi produk yang tidak terlalu popular dicari konsumen melalui search engine. Contohnya adalah Pasta Gigi. Jarang sekali orang mencari pasta gigi melalui internet. Umumnya konsumen lebih menyukai untuk mencari pasta gigi langsung ke minimarket / supermarket. Tapi apabila Anda memiliki produk semisal pasta gigi dengan Unique Selling Proposition yang berbeda dari pasta gigi yang sudah ada, FB  adalah media yang tepat untuk beriklan. Dengan penentuan obyektif dan target yang tepat, kita dapat menciptakan pasar baru bagi produk kita.

Impulsive Buying

Banyak sekali motivasi yang mendasari orang dalam membeli sebuah produk. Salah satunya adalah pembelian tanpa rencana dan semata-mata karena Iklan. Ketika sedang asyik membaca timeline di FB, mungkin tiba-tiba mata Anda tertuju pada sebuah iklan dengan desain yang menarik dan tawaran yang menggoda. Boleh jadi saat itu Anda belum berencana untuk membeli produk tersebut, namun dikarenakan penawarannya yang begitu menggoda, Anda memutuskan untuk membelinya. Mungkin saja terjadi hal seperti di atas bukan? Inilah yang disebut impulsive buying. Biasanya hanya berlaku untuk produk yang low involvement, yaitu produk yang untuk membelinya tidak terlalu diperlukan proses pertimbangan yang banyak dan lama.  Misalnya pakaian, sepatu, tas dan lainnya. Apabila produk Anda termasuk dalam produk yang low involvement, boleh jadi FB sangat tepat untuk Anda

Untuk Produk yang General

Biasanya tidak mudah menjual produk yang sangat umum melalui online. Mengapa? Karena bagi kebanyakan orang, membeli secara offline jauh lebih aman dan nyaman. Walau demikian terkadang kita ingin memasarkan produk kita yang sangat general melalui online. FB adalah salah satu media beriklan yang tepat untuk produk seperti ini.Kenapa? Karena pada dasarnya profil pengguna FB adalah profil pengguna Internet secara umum, tidak terlalu segmented dan Anda dapat dengan mudah mendapatkan variasi konsumen mulai dari 18 tahun hingga 65 tahun.

Target dan Segmentasi yang Spesifik

Anda mungkin sedikit bingung karena sepertinya poin 3 dan 4 sedikit kontradikitf. Kenyataannya tidak demikian. Memang secara umum pengguna FB adalah pengguna Internet kebanyakan. Namun FB telah memberikan kemudahan kepada kita sebagai peng-iklan suatu produk untuk menentukan segmentasi pengguna berdasarkan :

Geografi (Negara, Profinsi, Kota/Kabupaten)

Demografi (Usia, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pekerjaan)
Psikografi (Minat/Interest, Perilaku/Behavior, Koneksi / Connection)
Sangat lengkap bukan? Bahkan Anda dapat menyasar calon pengguna yang sangat spesifik khusus untuk produk Anda yang juga spesifik.

Menarik bukan? Ok, masih ada beberapa hal lain yang menyebabkan FB menjadi media beriklan yang sangat efektif dan efisien.

Efektif untuk Local Business

Bagi Anda yang sedang menjalankan usaha tidak hanya dengan toko online tetapi juga memiliki Toko / tempat usaha yang nyata, FB merupakan media yang tepat untuk beriklan. Anda dapat memilih target yang Anda inginkan dengan radius beberapa kilometer dari toko Anda berada. Dengan demikian, iklan yang Anda lakukan bukan hanya menghasilkan trafik secara online namun juga trafik secara nyata ke Toko Anda. Tentunya hal ini akan membantu meningkatkan omset usaha Anda secara efektif. Fokus pada target yang berada di sekitar usaha Anda dan juga mengembangkan area pemasaran ke wilayah lain yang Anda kehendaki.

Biaya Sangat Terjangkau

Ok, sekarang kalau kita berbicara mengenai biaya iklan, ada beberapa istilah yang perlu Anda pahami dulu.

CPC        : Cost Per Click (biaya dikenakan untuk setiap klik pada iklan kita)

CPM       : Cost Per Mile (biaya dikenakan untuk setiap 1000 kali iklan kita ditampilkan)

Lebih detilnya mengenai jenis iklan di FB dapat Anda lihat pada artiket lainya, Membuat Iklan di FB.

Besar biaya yang Anda keluarkan untuk beriklan di FB sangat tergantung dari kebutuhan dan tujuan Anda beriklan. Anda dapat mengatur iklan Anda disesuaikan dengan dana yang ada. Namun dari pengalaman saya memasang iklan, FB adalah media beriklan yang paling efisien. Tentunya hal ini tergantung dari materi / kreatif iklan yang Anda buat.

Sangat efisien menghasilkan trafik untuk WEB Anda

Dari sekian banyak tujuan beriklan di FB, salah satunya adalah menghasilkan trafik untuk website. FB telah terbukti sangat efisien untuk menghasilkan trafik ke web Anda. Dengan base jumlah pengguna FB yang sangat besar ditambah lagi dengan segmentasi yang dapat disesuaikan dengan produk Anda, tentunya dikombinasikan kreatif iklan yang bagus, FB dapat menjadi senjata yang sangat ampuh untuk meningkatkan trafik ke website Anda.

90% Pemakai Internet adalah Pengguna FB

Saat ini di Indonesia khususnya, FB masih mendominasi sebagai media sosial yang paling popular di Indonesia. Tercatat tidak kurang dari 90% pengguna internet di Indonesia adalah pemilik akun FB. Di tahun 2018 ini, penetrasi pengguna internet di Indonesia adalah 35%. Dengan jumlah penduduk sebanyak 250juta, maka jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 88 juta orang atau setara dengan 3x lipat jumlah penduduk di Malaysia. Sebuah pasar yang sangat luar biasa potensial bukan? Terlebih lagi sekitar 70% dari pemakai FB adalah usia 25 tahun ke atas yang berarti memiliki daya beli yang cukup baik.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba beriklan di FB?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Alasan Mengapa Harus Beriklan di Facebook Ads"

Posting Komentar

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....