5 Langkah Memulai Bisnis Online

Di artikel kali ini, matadunia akan coba membahas apa yang harus Anda lakukan ketika akan memulai Bisnis Online? Bagi Anda yang sudah menjalankan Bisnis secara Online, mungkin tidak perlu memulainya dari awal. Namun ada kalanya shifting dari Offline ke Online memerlukan effort yang tidak sedikit.

Baiklah, apa saja langkah yang harus dilakukan ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah Bisnis Online?

5 Langkah Memulai Bisnis Online

1. Tentukan Tujuan Anda ber-Bisnis Online

Mengapa tujuan sangat penting. Dalam segala hal, tujuan adalah yang utama. Tanpa tujuan yang jelas maka Anda akan sulit menetapkan arah Bisnis Anda. Sama halnya dengan Bisnis offline, Bisnis Online juga memerlukan arah yang jelas agar apa yang Anda lakukan tidak menjadi sia-sia. Segala hal yang nantinya akan ada lakukan, seberapa besar effort yang akan Anda kerahkan dan berapa omset yang Anda capai semuanya tergantung dari tujuan Anda berbisnis online. 

Mungkin Anda masih bingung, apa yang harus menjadi Tujuan Anda dalam ber-Bisnis Online. Beberapa contoh tujuan orang dalam ber-Bisnis Online. Misalnya hanya sebagai komplimen dari Bisnis Offline yang sudah ada. Atau hanya sekedar pengisi waktu luang setelah bekerja, atau Bisnis Online ini akan menjadi bisnis yang utama. Dari ketiga tujuan di atas saja, segala sesuatunya dalam menjalankan bisnis online kedepannya akan sangat berbeda. Paham bukan bahwa Tujuan sangat penting dalam memulai Bisnis Online

2. Memiliki Komitmen yang Kuat

Setelah menentukan tujuan, Anda harus memiliki komitmen yang kuat dalam ber-Bisnis Online. Tentunya disesuaikan dengan tujuan yang sudah Anda tetapkan. Kebanyakan orang ber-Bisnis Online kurang memiliki komitmen yang kuat sehingga mudah berhenti di tengah jalan. Padahal sejatinya sama dengan bisnis offline, Bisnis Online sangat menuntut komitmen yang kuat dari pelakunya. Banyak hal yang menyebabkan komitmen rendah dalam Bisnis Online. 

Ketidakpahaman seluk beluk dunia online, biaya yang terlalu murah dibandingkan dengan Bisnis Offline, hanya menjadi Bisnis pelengkap atau sampingan. Sebenarnya tidak salah sama sekali menjadikan Bisnis Online sebagai Bisnis sampingan, karena memang itu salah satu kelebihan Bisnis Online, hanya saja sekali Anda memulai maka capailah tujuan yang sudah Anda tetapkan. Semua Bisnis memerlukan effort dan usaha dari pelakunya.

3. Memilih Produk yang akan Anda Jual.

Bisa jadi saat ini Anda sudah menjalan Bisnis secara offline, namun perhatikan apakah produk Anda sesuai untuk diperjualbelikan dalam dunia online. Tidak semua produk tentunya dapat dijual secara online. Misal berdagang Bakso Gerobak :). Sepertinya sangat sulit berjualan Bakso Gerobak dengan online. Kecuali kalau hanya untuk media promosi, mungkin masih bisa. Atau baksonya diubah bentukanya menjadi frozen food. Nah inilah salah satu mengapa memilih produk sangat penting. Modifikasilah produk Anda agar dapat memudahkan dalam penjualan secara online. 

Apabila Anda saat ini belum memiliki produk, carilah produk yang sedang trend di dunia online. Untuk melakukan research, Anda bisa menggunakan media facebook dengan melihat trend topik pembahasan di timeline Anda. Atau yang familiar dengan Google, dapat menggunakan Google Trend untuk mengetahui apakah produk yang Anda jual masih menjadi trend di dunia online saat ini.

4. Tetapkan Target Pemasaran dan Penjualan Anda.

Target pemasaran dan penjualan sangat penting, khususnya dalam Bisnis Online. Banyak media-media online yang menyediakan kemudahan bagi Anda untuk memilih segmen mana yang menerima iklan atau promosi Anda. Sehingga biaya yang Anda tentukan akan sangat efisien. Tidak hanya untuk media yang berbayar, dengan media gratis pun Anda dapat menentukan segment mana yang menurut Anda sesuai dengan produk Anda. Menentukan segmen untuk target pemasaran dan penjualan Anda bisa melihat profil Geografis, Demografi, Psikografi, Kebiasaan dan lainnya. Sangat menarik bukan?

5. Pilih Media yang Tepat untuk berPromosi

Baik berbayar atau gratis, pilihlah media yang sesuai dengan produk dan target yang Anda telah tetapkan. Pemilihan media bisa juga disesuaikan dengan skala bisnis Anda. Bagi para bisnis pemula (yang memang belum memiliki bisnis online), disarankan menggunakan sarana media sosial seperti FB, Twitter, Instagram atau media chat seperti WhatsApp, BBM, Line, dll. 

Perbanyak teman dalam lingkaran media sosial dan media chat Anda. Informasikan produk Anda secara berkala namun juga jangan terlalu hard selling. Apabila Anda terlalu hard selling, maka teman Anda akan memilih untuk memutus hubungan dengan Anda karena posting Anda tentunya akan dianggap mengganggu.

Ok, untuk tahap awal tentunya 5 Langkah di atas bisa dijadikan referensi bagi Anda yang baru akan mulai masuk ke dunia Bisnis Online. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Langkah Memulai Bisnis Online"

Posting Komentar

Pembaca yang Bijak adalah Pembaca yang selalu Meninggalkan Komentarnya Setiap Kali Membaca Artikel. Diharapkan Komentarnya Yah.....