photo lineviral_1.png

7 Tips Membuat Blog Bisnis Anda Banjir Pengunjung

Satu hal yang penting diperhatikan yaitu membuat blog adalah sebagai media marketing sebuah bisnis atau jasa, apapun jenisnya. Secara otomatis akan membentuk mental giat dalam membangun sebuah blog. Ada banyak blog yang miskin konten karena mereka menjadikan blog hanya sebagai hiasan online saja. So, perhatikan baik-baik.

7 Tips Membuat Blog Bisnis Anda Banjir Pengunjung


Bila sudah memiliki keinginan bahwa blog yang dibuat adalah untuk kepentingan marketing bisnis, tinggal memikirkan bagaimana cara untuk menarik pengunjung dan mereka tetap untuk tertarik pada blog yang anda buat? Ini penting, karena inti dari blog adalah selain konten, juga pengunjung.

Beriku tips-tips dalam membuat blog bisnis agar bisa menghasilkan kesuksesan yang tentunya kebajiran pengunjung:


1. Memilih Layout Template Blog yang Baik


Ini penting diperhatikan. Anda harus menentukan jenis layout template berdasarkan karakter blog yang anda buat.

Berikut jenis layout yang bisa anda pakai:

Layout tiga kolom dengan dua sidebar dan kolom konten utama
Layout dua kolom dengan satu sidebar dan kolom konten utama
Layout satu kolom yang hanya berisi kolom konten utama
Bila blog anda berkarakter personal, memilih layout dua kolom memang yang harus diterapkan. Biasanya blog dengan dua layout adalah blog niche atau blog yang memilih spesifikasi tema konten.

Bila blog anda berkarakter umum, seperti halnya situs portal berita, maka memilih layout 3 kolom memang hal yang disarankan. Biasanya blog berisi berbagai kategori yang saling bertentangan alias blog gado-gado, tidak fokus pada spesifikasi.

Bila untuk artikel review penjualan produk, memilih layout 1 kolom memang yang terbaik. Biasanya menggunakan template minisite yang didesain khusus untuk kebutuhan penjualan.


2. Template Blog Bisnis Anda “Mobile Friendly”


Bagaimanapun template anda, dianjurkan untuk menerapkan “Mobile Friendly”, baik menggunakan versi mobile atau responsive. Terpenting mendukung tampilan blog di smartphone dan sejenisnya.


3. Buat Form Berlangganan


Apakah siap mengeluarkan beberapa lembar rupiah tiap bulan hanya untuk menyewa alat autoresponder? Bagi pemodal besar dan produk bisnisnya berkualitas, tentu menyewa alat tersebut memang penting. Di samping menghimpun pelanggan juga bisa berpotensi membeli produk yang ditawarkan. Namun bagi pemodal kecil, produknya cuma konten artikel, apakah perlu menyewa alat tersebut? Jangan buang uang hanya untuk kesia-siaan belaka.

Ada alternatif lain dalam menggunakan autorespoder yaitu dengan memakai feedbunner. Feedbunner mirip seperti alat autoresponder pada umumnya. Hanya saja penggunaannya tidak maksimal, hanya sekedar info update artikel terbaru. Tetapi lumayan untuk sekedar menjaring pelanggan blog.


4. Setting SEO Pada Blog Anda


Jangan remehkan menyetting SEO bila blog anda mau meraih kesuksesan meraup banyak kunjungan. Memakai plugin SEO seperti Yoast dan pengaturannya harus anda lakukan dengan baik. Namun biasanya hosting tertentu tidak menerima plugin gratisan. Solusinya memakai template yang sudah memiliki menu SEO.


5. Gunakan Tombol Berbagi Media Sosial


Template tertentu biasanya sudah memiliki layanan tombol berbagi. Alangkah baiknya membeli template bukan memanfaatkan template gratisan. Tentunya agar layanan ini bisa terlihat profesional. Ada banyak template yang tidak serius menangani tombolnya secara profesional.


6. Jangan Banyak Banner Iklan


Tujuan tidak menggunakan banyak banner iklan adalah agar tidak menggangu membaca, tidak loading bila dibuka dan tentunya akan membuat pembaca merasa risih melihatnya. Ada beberapa blog yang hanya memberikan iklan sampai dalam proses membaca merasa terganggu.


7. Update Konten Tulisan Menarik Secara Rutin Dan Tidak Renggang


Terakhir sekaligus yang terpenting adalah selalu memberikan konten tulisan yang menarik dan bermanfaat nyata. Bukan hanya berdasarkan tips belaka tetapi juga diisi beberapa pengalaman menarik dalam diri pribadi atau orang lain.
Buat lebih berguna, Mari Bagikan:
close