photo lineviral_1.png

Cara Promosi Tertarget di Facebook

Saya yakin bahwa banyak di antara rekan-rekan yang telah menggunakan Facebook sebagai sarana dalam menjalankan bisnis online. Saya harap Anda sudah berhasil mengoptimasi pemilihan target pembeli yang sesuai sehingga biaya yang Anda keluarkan juga semakin efisien dan efektif. 

Cara Promosi Tertarget di Facebook


Kalau belum, artikel ini diharapkan dapat membantu Anda dengan beberapa tips yang dapat dijadikan panduan dalam memilih target pembeli Anda di Facebook.

1. Berdasarkan Faktor Geografis?


Berapa jumlah pengguna Facebook di Indonesia? 79 Juta! Ya benar…dari jumlah itu berapa yang potensial menjadi target pembeli produk atau jasa Anda? Tidak selamanya produk kita dapat menjangkau seluruh Indonesia. Kita perlu menentukan wilayah pasar mana yang akan menjadi tujuan utama produk / jasa kita. Misalkan Anda menjual pakaian wanita dewasa khusus Jabodetabek dengan mempertimbangkan daya beli penduduk Jabodetabek yang lebih baik, maka tentunya pilihan target Anda akan semakin sempit.  Berarti sekarang target Anda menjadi : 25 – 45 tahun, wanita dan tinggal di kota Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi. Target pasar kita menjadi tinggal 4 juta.

Semakin kecil sebuah segmen target pembeli maka akan semakin efektif dan efisien semua kegiatan FB Marketing yang Anda lakukan. Kenapa demikian? Karena Anda menyasar target pembeli yang potensial dan sesuai dengan produk Anda

2. Berdasarkan Faktor Demografis.


Setiap produk memiliki karakter pengguna yang berbeda. Dalam Facebook, selain memilih berdasarkan usia dan jenis kelamin, Anda juga dapat memilih berdasarkan tingkat pendidikan, status pernikahan, pekerjaan dan jenis pekerjaan, status houshold dan beberapa parameter lain. Pemilihan faktor demografi yang tepat akan memudahkan Anda untuk melakukan penetrasi ke target pembeli Anda nantinya.

3. Berdasarkan Faktor Psikografis


Kelebihan lain dari Facebook dibanding tools beriklan online lainnya adalah kta dapat memilah target merdasarkan faktor psikografisnya. Dalam hal ini adalah minat dan kebiasaan. Pelajarilah apa kira-kira minat dan kebiasaan target pembeli kita. Misalkan Anda menjual produk olahraga, maka sudah pasti minat target pembeli kita adalah sport. Maka Anda dapat memasukan klasifikasi sport ke dalam target iklan Anda. Ada 9 kategori utama dalam hal minat, di antaranya adalah Bisnis, Hiburan, Makanan dan Minuman, Olahraga, Hobby, Keluarga dan lainnya. Sementara untuk Kebiasaan, ada 5 kategori utama, di antaranya kebiasaan dalam hal Digital Activities, Event, Gadget, Event dan Travel.

4. Menggunakan Graph untuk Memilih Target Pasar


Pernahkah Anda menggunakan fasilitas Graph di Facebook. Fasilitas ini mirip dengan search pada website. Berfungsi untuk mencari konten yang kita kehendaki. Berbeda dengan website, di facebook kita dapat mencari orang yang kita kehendaki. Caranya sangat gampang.

Masuklah ke akun personal Facebook Anda
Ubah Setting Bahasa menjadi Bahasa Inggris
Ketik Orang yang ingin Anda cari. Misal : People who live in Bogor
Maka Facebook akan menampilkan daftar orang yang tinggal di Bogor

Pencarian juga bisa lebih spesifik. Apabila Anda menjual aksesoris dan jersey Klub Sepak Bola Real Madrid, maka Anda dapat memasukan kata kunci : People who live in Bogor and like real madrid
Setelah ditampilkan daftar orang yang Anda kehendaki, maka tambahkan mereka menjadi teman Anda.
Dengan menjadikan mereka sebagai teman, Anda dapat mengundang mereka untuk menjadi fans dari FB Page Anda.
Silakan praktikan dan Semoga Bermanfaat.
Buat lebih berguna, kongsi:
close