photo lineviral_1.png

Perbedaan Internet Marketing dan Bisnis Online

Apa yang maksud internet marketing yang membuatnya berbeda dengan bisnis online? Apakah anda merasa tidak pernah memikirkan hal ini dan menganggap hal ini sama. Mungkin saja anda menganggap antara kedua itu sama karena banyak sekali pelaku bisnis di internet di sebutnya internet marketer. Namun kalau dikaji secara kajian bahasa dan maksud dari kata tersebut akan mengalami perbedaan.

Perbedaan Internet Marketing dan Bisnis Online


Sebelum melakukan penyimpulan, mari terlebih dahulu menyatukan persepsi bahwa bisnis online adalah bisnis yang baru, bisnis yang muncul setelah memasuki era online walaupun prinsip bisnsinya masih sama dengan bisnis konvensional. Apakah anda setuju? Baiklah kalau sudah setuju.

Ketika sebelum memasuki era onlne, anda sudah melakukan jual-beli walaupun sebatas pelanggan yang bisa dijangkau, tetangga rumah, tetangga blok, dan orang-orang yang lalu-lalang. Bisnis anda adalah bisnis ofline yang sudah ada sejak zaman kuno. Namun ternyata anda mengalami era baru, era online yang menurut kabar bahwa era ini bisa membuat bisnis menjangkau konsumen lebih jauh lagi. Anda pun mencobanya.

Kira-kira, apa yang harus anda lakukan untuk memperkenalkan produk ke konsumen yang lebih jauh? Tentunya dengan harapan bisa mendapatkan banyak pelanggan lintas desa, kabupaten, provinsi, bahkan lintas negara. Tentunya anda harus melakukan pembuatan blog atau website dan mengiklankan produk agar mendapat pembeli dan menjadikan pelanggan setia.

Dari kasus di atas, apakah anda menjalankan bisnis online atau internet marketing? Untuk menjawabnya, mari kita membuat sub pembahasan yang berbeda.

Kasus #1: Bisnis Online


Sebelum memabahas, alangkah baiknya bila anda terlebih dahulu memahami pengertian bisnis online. Tentunya agar mempermudah memahami pembahasan ini. Namun tanpa informasi tambahan, di sini akan mengulang pembahasan bisnis online namun agak berbeda.

Secara pengertian sederhana, bisnis online adalah bisnis yang dijalankan atau ditampilkan secara online walaupun ada jenis bisnis baru ketika memasuki era online. Jadi, yang dinamakan bisnis adalah tempat yang berisi aktifitas segala hal sampai menghasilkan produk untuk dijual. Namun karena ada kata online, maka aktifitasnya selalu berhubungan dengan internet sebagai proses penyaluran produk tersebut.

Dalam hal ini, bisnis online diibaratkan sebuah mobil yang akan digerakkan. Bila belum ada supir dan menyalakan mobil, tentu tidak akan sampai pada tujuan pergerakan mobil.

Kaus #2: Internet Marketing


Internet marketing kalau dalam mobil diibaratkan sebagai kegiatan menjalankan mobil oleh supir agar bergerak menuju tempat yang diinginkan. Bila anda membangun bisnis tanpa kegiatan marketing seperti beriklan dan yang lainnya, tentu akan kesulitan mendapat penjualan seperti halnya mobil yang tidak bisa digerakkan. Semakin bagus kegiatan marketing tentu akan semakin bagus dalam penjualan bila hal-hal teknis bisnis mendukung untuk menghasilkan banyak penjualan.

Bila mengacu pada pengertian internet marketing, tentu pengertiannya adalah melakukan kegiatan memperkenalkan produk lewat internet. Orang yang menjalankan marketing online atau marketing di internet akan disebut sebagai internet marketer. Bisa jadi orang yang menjalankan kegiatan ini bukan pemilik bisnis atau pemiliknya.

Namun kenapa rata-rata pelaku bisnis online disebut pelaku internet marketing atau internet marketer? Karena rata-rata juga mereka melakukan kegiatan marketing sendiri untuk bisnisnya. Karena bisnis online terbilang mudah dijalankan sendirian juga didukung media marketing yang mendukung bisnsinya, tentu saja tidak membutuhkan tenaga orang lain dalam memarketingkannya. Ia hanya membutuhkan alat autoresponder, beriklan di Google Ads, Facebook Ads, dan blog marketing. Jadi, selesailah tugas memarketingkan produk secara online.

Semoga artikel yang kami sajikan bisa berguna dan bermaanfaat bagi sahabat semua, jangan lupa berikan komentar sahabat pada kolom komentar di bawah ini.

Buat lebih berguna, Mari Bagikan:
close