photo lineviral_1.png

5 Hal yang Harus Dilakukan Blogger Newbie

Sebagai seorang blogger, kita semua pasti pernah menjadi seorang newbie atau blogger pemula, tidak ada seorang bloggerpun yang langsung menjadi seorang master, bahkan seorang penulis handalpun tidak akan dengan mudah bisa mengusai segala hal tentang blogging. Karena blogging tidak hanya melulu tentang Tulis-Publish, masih banyak halyang dilakukan untuk menjadi seorang master blogger. Kali ini kami akan membagikan tentang 5 hal yang harus anda lakukan ketika anda masih menjadi blogger newbie atau seorang blogger pemula.

Hal yang Harus Dilakukan Blogger Newbie

Menyadari Siapa Kita

Jadi apabila anda adalah seorang blogger pemula, maka jangan malu untuk bertanya dan mencari informasi sebanyak mungkin tentang dunia blogging ini, anda bisa mendapatkan informasi dari banyak pihak, baik itu dari artikel para blogger lainnya yang sudah sangat banyak dan bisa dengan mudah anda temukan di internet, ataupun dengan menanyakan dan mendiskusikan lang sung dengan para sahabat blogger melalui forum, group atau bentu komunitas lainnya.

Memahami Dunia Blogging

Sebagai seorang blogger pemula, memahami tentang dunia blogging sama pentingnya dengan membangun blog yang baru saja anda buat, kita memiliki tugas yang berat sebagai blogger pemula apabila kita ingin menjadi blogger yang sukses suatu saat nanti.

Sukses disini bukan hanya sukses secara materil, namun berkaitan dengan semua aspek tentang blogging, seperti memiliki visitor yang banyak dan trafik yang melimpah.

Adapun hal-hal yang harus anda lakukan sebagai seorang blogger pemula yaitu sebagai berikut:

1. Mendaftarkan Blog ke Webmaster

Saya asumsikan bahwa anda sudah memiliki sebuah blog pada saat ini, hal berikutnya yang perlu anda lakukan sekarang adalah mendaftarkan blog anda ke webmaster. Pada saat ini ada banyak webmaster yang bisa anda gunakan secara Gratis yang sudah disediakan oleh mesin pencari besar seperti Google Search dan Bing Search.

Webmaster sendiri memiliki banyak kegunaan, tujuan utamanya adalah untuk mengklaim web atau blog anda di mesin pencari. Tujuan lainnya adalah memantau aktivitas blog anda dimesin pencari, apakah ada error atau link rusak pada blog anda, anda bisa memantaunya di akun webmaster anda.

2. Mendaftarkan Blog ke Analytics

Hal ini berguna untuk memantau lalulintas pada blog anda, apabila anda berniat untuk menjadi seorang blogger profesional maka mendaftarkan blog anda ke analytics adalah suatu kewajiban.

Ada banyak tool analytics yang tersedia di internet, ada yang gratis, dan ada juga yang berbayat. Salah satu analytics web dan blog berbayar yang saya rekomendasikan Adalah Alexa, ada beberapa tipe akun yang bisa anda miliki, setiap akun berbeda dalam fiturnya, anda bisa mengecek atau mendaftar Alexa Analytics tool.

Analytics gratis dan sangat saya rekoemndasikan adalah Google Analytics, saya sendiri mendaftarkan blog www.matadunia.net ini ke Analytics dari Google tersebut. Menurut saya Google Analytics memiliki fitur yang cukup lengkap, anda bisa mendaftar kan blog anda ke Google Analytics secara gratis untuk mengecek fitur-fiturnya.

3. Melakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

Hal ke tiga dan merupakan bagian penting yang harus anda lakukan sebagai blogger pemula adalah melakukan riset kata kunci, kata kunci sendiri adalah kata-kata yang merupakan target dari blog yang anda buat.

Kata kunci sendiri harus berkaitan dengan topik blog anda, guna kata kunci ini adalah untuk membidik netizen, agar mereka bisa datang keblog anda secara organik melalui mesin pencari. Saya bisa mengatakan bahwa kata kunci yang tepat bisa meningkatkan trafik blog anda secara signifikan.

Ada banyak tool riset kata kunci yang tersedia, sebagian besar adalah berbayar, seperti SemRush contonhnya, dan beberapa ada yang tersedia secara gratis. beberapa pihak mungkin menganggap tool berbayar lebih baik daripada tool gratis, hal tersebut memanglah benar, karena tool yang berbayar biasanya memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan tool gratisan. Semrush adalah salah satunya, Semrush memiliki banyak fitur, salah satunya adalah tool riset kata kunci yang dikenal sangat ampuh oleh para blogger, baik blogger pemula maupun yang sudah Pro.

Namun ada satu buat tool riset kata kunci yang cukup, bahkan tergolong bagus  menurut saya, adalah Google Keyword Planer sebuah tool riset kata kunci gratis yang bisa anda gunakan untuk melakukna riset kata kunci untuk blog anda.

Kata kunci yang tepat apabila anda gunakan dalam menulis artikel di blog anda tentu akan sangat bagus, dan tentu kemungkinan tulisan anda untuk tampil dihalaman pertama hasil pencarian mesin pencari akan makin besar.

4. Memasang Meta Tag yang Valid untuk Blog Anda

Memasang meta tag berguna untuk meningkatkan SEo blog anda dimata mesin pencari, dengan menggunakan meta tag maka anda sudah membantu robot mesin pencari untuk memahami blog anda dengan lebih mudah.

Saya telah menuliskan diatas "Meta Tag yang Valid", valid disini berarti meta tag yang sesuai, anda memang disarankan memasang meta tag disitus anda, tetapi tentu memasang meta tag yang sembarangan bukan lah hal yang disarankan.

5. Melakukan Optimasi Blog Anda

Mengoptimalkan blog anda adalah sesuatu yang harus anda lakukan apabila anda memang serius untuk membangun blog anda. Salah satu cara mengoptimasi blog adalah dengan measang meta tag seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Setelah memasang meta tag, salah satu optimasi SEO yang perlu segera anda lakukan adalah meningkatkan keterlihatan situs anda dimesin pencari, adalah penting bagi anda untuk membuat blog anda ditemukan oleh netizen, salah satunya dengan melakukan Submit Sitemap (Daftar Isi) blog anda ke Google webmaster, dan melakukan submit URL artikel blog anda setiap anda selesai mengepostkannya.

Kesimpulan yang Harus Anda Lakukan Sebagai Blogger Pemula

Saya rasa itulah yang dapat saya bagikan untuk ita pada kesempatan kali ini mengenai 5 Hal yang Harus Dilakukan Blogger Pemula, Pada intinya ke-5 hal diatas memang sangat perlu anda lakukan apabila anda berniat membangun blog anda dengan serius dan menjadi seorang blogger yang profesional.

Guna yang sebenarnya dari melakukan ke-5 hal diatas adalah untuk optimasi blog anda, pada dasarnya semua tutorial, tips dan trick yang dibagikan oleh para blogger, termasuk saya adalah untuk mengoptimasi blog itu ssendiri, karena seberapa baguspun konten blog anda apabila blog tersebut tidak dioptimasi, makan tetap saja blog anda tidak akan dikenal oleh netizen.

Ketika kita ingin menangkap ikan, tentu kita harus menyiapkan umpannya terlebih dahulu, (saya tidak menyamakan pembaca blog saya dengan ikan ya, ini hanya perumpaan saja karena saya orang yang suka makan, hehe), maka kita harus menyiapkan umpannya terlebih dahulu.

Apabila kita ingin mendapatkan ikan yang lebih besar, maka tentu kita perlu menyiapkan umpan yang lebih besar atau berkualitas pula. Nah apabila pembaca atau netizen yang setiap hari melakukan penjelajahan di internet kita umpamakan ikan, maka yang menjadi umpannya adalah optimasi-optimasi yang kita lakukan, seperti kata kunci misalnya.

Selain ke-5 hal diatas, banyak banyak hal yang harus kita lakukan sebagai blogger pemula, yang terpenting adalah selalu update informasi terbaru tentang dunia blogging dari situs-situs blogger pro favorit anda.

Hal penting lainnya yang perlu anda lakukan adalah terus meningkatkan kualitas konten blog anda, terus belajar menulis dengan ejaan yang baik, dan terus membagikan informasi yang bermanfaat. Konten yang berkualitas juga merupakan salah satu umpan bagi anda untuk mendapatkan pengunjung ke blog anda. Dan sebagai sesama blogger tidak bosan-bosannya saya mengingakan bahwa "konten yang ada di blog anda adalah untuk pembaca blog anda, bukannya untuk robot mesin pencari".
Buat lebih berguna, kongsi:
close