photo lineviral_1.png

Analis SWOT Dalam Menyusun Strategi Politik

Analisis SWOT merupakan sebuah analisis yang dilakukan secara mendalam untuk mencapai sebuah keberhasilan. Dalam dunia politik, analisis SWOT diperlukan untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada untuk menyusun sebuah strategi mencapai kemenangan.

Ada sebuah ungkapan yang berbunyi, “gagal mempersiapkan perencanaan sama dengan merencanakan kegagalan”. Ungkapan ini juga berlaku dalam dunia politik praktis. Alam politik di era demokrasi modern berbeda dengan era sebelumnya. 

Analis SWOT Dalam Menyusun Strategi Politik


Dulu seorang pemimpin lahir penuh dengan balutan mitos dan mistis secara turun-temurun. Setelah mitos dan mistis dihancurkan oleh logika dan rasionalitas, maka kerja-kerja politik praktis menjadi sesuatu yang terukur dan terencana.

Seorang calon pemimpin tak lagi bersikap pasif bak putra mahkota yang menunggu penobatan. Seorang politisi dituntut untuk melakukan aktivitas politik yang terencana dalam sebuah manajemen yang baik.

Setiap perencanaan tak berlaku seragam bagi setiap politisi. Seluruh perencanaan tersebut tentu harus disesuaikan dengan kondisi objektif politisi bersangkutan. Salah satu metode untuk membuat perencanaan adalah metode analisi SWOT.

Analisis SWOT dalam politik praktis adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengukur kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam menghadapi kontestasi politik. Keempat aspek inilah yang membentuk sebuah singkatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats)

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi politik atau pertarungan dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah:

bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada;
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada;
bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada;
dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Contoh analisis SWOT sederhana seorang kandidat bupati:
Strengths (kekuatan) : Muda; Ganteng; Cerdas; Pengusaha Sukses;
Weaknesses (kelemahan) : Minim pengalaman Politik; Emosi labil; Tidak fasih bahasa daerah; kurang bergaul ke bawah.
Opportunities (peluang) : Memiliki kedekatan dengan media; Jumlah pemilih pemula 30 persen; didukung oleh teman-teman pengusaha; Jumlah pemilih pelaku UMKM 15 persen.
Threats (ancaman) : Lawan berpengalaman dalam politik; lawan sangat fasih bahasa daerah; Lawan calon petahana (incumbent); lawan dudukung oleh 57 % suara di DPRD.

Contoh perencanaan strategis yang dibuat berdasarkan analisis SWOT di atas:
Membuat program-program untuk merebut dukungan pemilih pemula dengan pendekatan bahasa anak muda. Hal ini untuk memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk merebut peluang.
Buat program-program untuk mendekati pelaku UMKM. Hal ini untuk menutupi kelelmahan citra kurang bergaul ke bawah;
Optimalkan peran media untuk membongkar kasus-kasus yang terjadi selama kepemimpinan lawan dalam pemerintahan;
Tarik lawan ke dalam lingkaran perdebatan akademis untuk menutupi kelemahan penguasaan bahasa daerah, sekaligus untuk menciptakan ancaman baru bagi lawan.
Demikian penjelasan singkat serta contoh analisis SWOT dalam menyusun strategis politik praktis. Dalam pelaksanaannya tentu terdapat berbagai kondisi yang harus diadaptasikan. Namun, setidak-tidaknya ini dapat menjadi kerangka acuan dalam melakukan analisis.
Buat lebih berguna, kongsi:
close