Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli Dan Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon

Kali ini kami akan berbagi sebuah artikel tentang Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon. Artikel Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon ini sengaja dibuat sebagai bahan referensi bagi yang membutuhkan. Namun sebelum kita membahas tentang Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon, kita akan membahas terlebih dahulu tentang Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli.
 
Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli Dan Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon


Pengertian wirausaha secara umum adalah seseorang yang memiliki keberanian untuk melakukan usaha mandiri dengan cara mengerahkan seluruh sumber daya yang dia miliki untuk menghasilkan sebuah atau suatu hal yang bernilai tinggi dan laku dipasaran serta siap menanggung segala resiko yang akan terjadi terhadap usaha yang dia jalankan.

Baca Juga :
Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausahawan Ciri Ciri Seorang Wirausahawan Dan Contoh Wirausaha Yang Gagal

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Kemudian kita akan membahas tentang Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli. Berikut ulasannya:

J.Leach Ronald Melicher
J.Leach Ronald Melicher mengatakan bahwa kwirausahaan merupakan suatu rangkaian proses untuk merubah ide menjadi sebuah kesempatan yang bersifat komersil dan menciptakan nilai tambah terhadap sesuatu (menimbulkan harga).

Joko Untoro
Menurut pendapat Joko Untoro, kewirausahaan merupakan sebuah keberanian seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang berdasarkan potensi kemampuan yang dimilikinya dengan cara manfaatkan semua potensi yang dia miliki agar dapat menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai tambah atau manfaat bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Eddy Soeryanto Soegoto
Eddy Soeryanto Soegoto mengemukakan pendapatnya bahwa kewirausahaan ataupun yang lebih keren dengan istilah entrepreneurship merupakan jenis usaha kreatif yang dibangun berlandaskan inovasi agar dapat menghasilkan sesuatu yang baru, yang memiliki nilai tambah, dapat memberikan manfaat, dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan hasilnya dapat bermanfaat bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Stein dan John F. Burgess
Pengertian wirausaha menurut adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Ahmad Sanusi
Stein dan John F. Burgess mengemukakan bahwa kewirausahaan merupakan sebuah nilai yang diwujudkan kedalam perilaku seseorang yang kemudian nilai tersebut dijadikan sebagai sumber daya, sumber tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis .

Zimmerer
Kemudian Zimmerer mengemukakan bahwa Wirausaha merupakan sebuah proses penerapan dari suatu kreativitas dan inovasi di dalam proses pemecahan masalah atau persoalan dan kemudian memperoleh peluang yang digunakan untuk memperbaiki kehidupan atau usaha.

Joseph C. Schumpeter
Kemudian Joseph C. Schumpeter mengemukakan bahwa Wirausaha merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan keseimbangan pasar. Kemudian dia juga mampu membentuk kembali keseimbangan pasar tersebut dengan hal yang baru serta dia dapat mengambil keuntungan dengan perubahan yang terjadi tersebut.

Raymond W.Y. Kao
Raymond W.Y. Kao berpendapat bahwa Wirausaha merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan dan merancang sebuah ide dan gagasan menjadi sebuah kenyataan.

Richard Cantillon
Richard Cantillon berpendapat bahwa Wirausaha merupakan orang yang sanggup untuk memindahkan atau merubah sumber daya ekonomis yang berasal dari tingkat produktivitas rendah menjadi tingkat produktivitas lebih tinggi.

Schumpeter
Menurut Schumpeter Wirausaha adalah seorang inovator walaupun dia tidak selalu menjadi seorang inventor (penemu).

Syamsudin Suryana
Syamsudin Suryana berpendapat bahwa Wirausaha merupakan orang yang mempunyai sifat dasar yaitu percaya diri, memiliki orientasi pada tugas dan hasil, senang mengambil resiko, berjiwa kepemimpinan, kreatif dalam berinovasi, serta memiliki pandangan yang luas terhadap masa depan.

Prawirokusumo
Prawirokusumo berpendapat bahwa Wirausaha merupakan orang-orang yang melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya kreatif dan inovatif dengan cara mengembangkan dan merealisasikan sebuah ide. Mereka menggunkan seluruh sumber daya yang mereka miliki untuk mendapatkan sebuah peluang dan perbaikan didalam kehidupan.

Semoga artikel Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon

Richard Cantillon merupakan orang yang pertama kali tercatat didalam sejarah memperkenalkan kata “entrepreneur” didalam khasanah bahasa Perancis. Kata “entrepreneur” ini dialihbahasan kedalam bahasa inggris secara utuh baik itu pengucapan maupun tulisannya dan pengertiannya.

Richard Cantillon memberikan penejelasan tentang makna “entrepreneur” atau kewirausahaan yaitu merupakan orang yang membeli suatu produk dengan harga tertentu dengan maksud menjual kembali tersebut dengan harga yang berbeda dengan harga pembelian (tidak tentu harganya). Proses ini dia lalukan dengan berbagai keputusan tentang kegiatan untuk mendapatkan dan memakai sumber daya yang dia miliki. Pada saat itu diapun mengakui bahwa ada sebuah resiko dalam upaya untuk menjalankan usahanya tersebut.

Secara ringkas, Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon merupakan seseorang yang sanggup untuk melakukan dan mengkonversi sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli Dan Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel