Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausahawan Ciri Ciri Seorang Wirausahawan Dan Contoh Wirausaha Yang Gagal

Keberhasilan dan Kegagalan Wirausahawan merupakan hal yang lumrah terjadi. Keberhasilan dan kegagalan wirausahawan adalah dua hal yang tidak dapat dipisakan dalam dunia wirausaha. Tidak ada wirausahawan yang tidak pernah merasakan manis dan pahitnya keberhasilan dan kegagalan wirausahawan. Dua hal tersebut akan menjadikan seorang wirausahawan menjadi lebih kuat dan tangguh menuju kesuksesan.

Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausahawan Ciri Ciri Seorang Wirausahawan Dan Contoh Wirausaha Yang Gagal


Kesuksesan dan kegagalan wirausahawan dalam berwirausaha tidak terlepas dari keuletan dan ketangguhan pelaku wirausaha. Jika wirausahawan tersebut ulet, pantang menyerah, sabar dan tangguh dalam menghadapi semua tantangan, maka kemungkinan untuk mencapai sebuah kesuksesan akan lebih mudah. Namun jika wirausahwan tersebut tidak mempunyai keuletan, kesabaran, tekad dan ketangguhan, maka jurang kegagalan akan segera menghampirinya.

Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausahawan

Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi sebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dalam menjalankan usahanya. Kali ini kami akan menjabarkan beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Berani Jujur

Wirausahawan yang ingin sukses harus memiliki sifat jujur. Sifat jujur disini kami menjadi tiga macam yaitu berani jujur terhadap diri sendiri, berani jujur kepada orang lain dan berani jujur kepada tujuan yang akan dicapai.

Seorang wirausahawan harus mampu dan berani untuk jujur kepada dirinya sendiri, itu hal yang paling utama. Karena dengan berani jujur dengan diri sendiri, maka akan membuat pikiran dan niat kita akan menjadi lebih fokus. Kejujuran terhadap diri sendiri merupakan hal yang paling penting disini. Karena bagaimana ingin jujur dengan orang lain, jika dengan diri sendiri saja kita masih belum bisa jujur.

Memang sulit untuk menerapkan sifat jujur ini. Karena kadang hati kita tidak bisa diajak kompromi untuk jujur. Misalnya ketika kita mengalami kegagalan, mampukan kita jujur terhadap diri kita tentang apa yang menjadi penyebab kita gagal. Mampukah kita jujur tentang kekurangan kita dalam menjalankan usaha kita.

Jika kita sudah bisa jujur dengan diri sendiri, maka dengan mudah kita akan bisa jujur dengan orang lain dan juga jujur terhadap tujuan dan target yang kita miliki.
 

2. Memiliki Kedisiplinan dan keberanian

Kedisiplinan dan keberanian akan terbentuk dengan pengalaman dalam menjalankan usaha. Dengan disiplin yang tinggi dan keberanian dalam mengambil resiko berusaha, maka peluang untuk berhasil akan lebih mudah dicapai.

Jika dalam menjalankan usaha, seorang wirausahawan tersebut tidak berani mengambil sebuah resiko dan apalagi tidak mempunyai kedisiplinan, maka peluang untuk gagal akan lebih besar.

3. Mampu menerapkan manajemen dengan baik

Dalam menjalankan sebuah usaha, kita harus bisa menerapkan Manajemen dengan baik. Jika kita mengabaikan manajemen dalam menjalankan usaha, maka usaha yang kita jalankan akan dengan mudah jatuh oleh para pesaing.

Jadi untuk menjadi berhasil menjadi seorang wirausahawan, kita harus bisa menerapkan manajemen dengan baik.

Sebenarnya keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha tidak mutlak tergantung dengan pendidikan seseorang. Ada yang hanya lulusan SD namun sudah memiliki usaha yang luar biasa berhasil. Ada juga seorang sarjana yang gagal dalam melaksanakan sebuah usaha. Jadi pendidikan bukanlah penentu keberhasilan dalam berwirausaha. Yang menempa seorang wirausahawan menjadi sukses dan kuat adalah pengalaman. Karena pengalaman adalah ilmu yang tidak bisa didapatkan di bangku sekolah.

Ciri Ciri Seorang Wirausahawan

Berikut beberapa ciri Ciri Seorang Wirausahawan :

Memiliki tekad yang besar untuk berwirausaha
Memiliki keimanan dan senang berbuat kebaikan
Memiliki semangat juang yang tinggi dan tidak kenal putus asa
Memiliki kePercayaan diri
Mempunyai tanggungjawab
Berprilaku Supel dalam pergaulan
Bisa dan mahir bernegosiasi
Memiliki pikiran yang positif untuk memajukan usaha
Memiliki isiatif, kreatifitas dan disiplin yang tinggi
Mampu Menerapkan etika dalam berwirausaha
Mampu menerapkan manajemen dengan baik

Contoh Wirausaha Yang Gagal

Disini kami akan memberikan Salah satu contoh wirausaha yang gagal.

Salah satu perusahan di Indonesia yang bernama PR. JAMBU BOL. Atau PT Jambu Bol yang awalnya memiliki nama Perusahaan Rokok (PR) Djambu Bol. Penulis buku dengan judul Kretek: The Culture and Heritage of Indonesia’s Clove Cigarettes Marx Hanusz, mencatat bahawa Perusahaan Rokok Djambu Bol didirikan oleh seorang warga pribumi di daerah Kudus yang bernama H Roesydi Ma’roef, pada tahun 1937.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan perusahaan rokok yang dikelola oleh warga pribumi, termasuk juga PT Jambu Bol, nampak kalah bersaing dengan perusahaan rokok lainnya, terutama perusahaan rokok yang dmiliki oleh para pengusaha dari China. Perusahaan rokok primbumi ini kalah bersaing dalam hal pemasaran, modal dan yang paling utama kalah dalam hal pengelolaan perusahaan atau dalam memanajemen perusahaan.

Dan pada akhirnya PT Jambu Bol pun mengalami kebangkrutan karena kurang bagusnya pengelolaan manajemen perusahaan. Semua Aset yang pada awalnya merupakan satu kesatuan, lambat laun menjadi terpecah kepemilikannya dan dikuasai oleh masing dari keluarga pendiri Jambu Bol bapak Roesydi Ma’roef.

Wirausahawan Tangguh dan Tahan Banting

Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausahawan sangat tergantung dari bagaimana pemimpin perusahaan. Pendidikan tidaklah terlalu penting untuk menjadi pengusaha yang berhasil. Yang penting memiliki niat, ulet, sabar, tahan banting, memiliki manajemen yang bagus dan tidak mudah menyerah, maka keberhasilan untuk menjadi wirausahawann yang sukses menjadi terbuka lebar. Kegagalan itu hanyalah sebuah langkah awal untuk menjadi seorang yang berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel