5 Larangan dalam Islam yang Berhubungan dengan Valentine Day

Valentine day memang sudah tidak asing lagi, terutama oleh masyarakat Indonesia yang sebagian besar menganut agama Islam ini. Bahkan mereka juga ikut-ikutan merayakannya. Setelah mengetahui bahwa hari valentine itu merupakan harinya orang-orang Nashrani, tentu sebagai umat Islam kita dilarang keras untuk mengikutinya. Hal itu sudah dikatakan oleh Rasulullah SAW. yang berbunyi ” Barangsiapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut ” (HR. At-Tirmidzi). 

valentine day menurut islam


Bahkan untuk mengucapkan selamat terhadap harinya orang kafirpun merupakan suatu yang haram untuk dilakukan. Hal tersebut telah diperjelas oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyah yang berkata, ” Memberikan ucapan selamat terhadap acara ritual orang kafir yang khusus bagi mereka, telah disepakati bahwa perbuatan tersebut haram “.

Untuk lebih jelasnya, kenapa merayakan hari valentine tersebut dilarang bagi umat muslim. Kamu bisa menyimak ulasan tentang beberapa larangan valentine day dalam Islam, berikut ini ulasannya.

1.    Merayakan Valentine Day sama dengan Meniru Orang Kafir

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa valentine day itu merupakan suatu budaya barat dan merupakan perayaan orang kafir. Sebagai umat Islam tentu kita tidak diperbolehkan untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh kaum-kaum itu. Hal itu dijelaskan oleh Rasulullah SAW. melalui sabda beliau yang berbunyi, “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Jadi, kalau ikut-ikutan dengan perayaan yang mereka lakukan, maka kamu juga akan dianggap termasuk bagian dari mereka.

2.    Janganlah ikut merayakan valentine, karena lebih banyak buruk daripada baiknya

Memang tak bisa dipungkir jika dalam perayaan valentine day selalu diramaikan oleh muda mudi dengan sepasang kekasihnya. Bahkan parahnya mereka belum muhrim dan saling berbuat seperti halnya sepasang kekasih yang sudah halal. Bukan hanya itu saja, biasanya valentine day selalu diaramaikan dengan saling berbagi coklat, kado, bunga, ataupun hadiah lainnya, hanya untuk menyenangkan pujaan hati. Boleh saja kalau ingin memberi orang lain, namun kamu harus sadar jangan menghambur-hamburkan uang demi hal yang tidak terlalu penting.

Tidakkah mereka memperhatikan firman Allah SWT. yang berbunyi “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’ [17]: 26-27).

3.    Perayaan Valentine Day malah berujung pada perbuatan zina

Sering dengan perjalanan zaman yang terus tergerus oleh perubahan, hingga perilaku dan pemikiranpun juga ikut mengalami perubahan. Kalau dilihat sekarang ini pergaulan beegitu bebas dan mengarah pada budaya barat. Terlebih ketika hari valentine tiba mereka tidak segan-segan untuk membuat pesta yang bisa dikatakan sangat bertentangan dengan ajaran Islam dan di sana mereka bebas tanpa memikirkan maksiat yang dilakukan. Apakah mereka tidak sadar bahwa yang dilakukan itu merupakan perbuatan yang begitu tercela dan suatu jalan yang buruk yang seharusnya mereka hindari.

Padahal dalam ajaran Islam mendekati zina saja haram, apalagi melakukannya. Allah SWT. telah berfirman, yang berbunyi “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isro’ [17]: 32)

Untuk itu, buat kamu umat muslim yang beriman, janganlah mau ikut-ikutan dalam pesta perayaan sejenis valentine atau perayaan yang lebih banyak buruknya ketimbang baiknya itu. Hindarilah dan sayangi diri kamu, jangan biarkan terjerumus dalam lembah kemaksiatan.

4.    Bahkan untuk mengucapkan selamatpun dilarang

Seperti yang kamu ketahui sebelumnya, bahwa valentine day itu merupakan perayaan orang nashrani, bahkan semula adalah ritual paganisme. Oleh karena itu, mengucapkan selamat hari kasih sayang atau ucapan selamat dalam hari raya orang kafir lainnya adalah sesuatu yang diharamkan berdasarkan kesepakatan para ulama (baca: ijma’ kaum muslimin).

Sebagaimana hal ini dikemukakan oleh Ibnul Qoyyim rahimahullah dalam sobatbnya Ahkamu Ahlidz Dzimmah (1/441, Asy Syamilah). Beliau rahimahullah mengatakan bahwa, “Adapun memberi ucapan selamat pada syi’ar-syi’ar kekufuran yang khusus bagi orang-orang kafir (seperti mengucapkan selamat natal atau selamat hari valentine) adalah sesuatu yang diharamkan berdasarkan ijma’ (kesepakatan) kaum muslimin.

5.    Perayaan valentine akan merusak jiwa anak muda muslim

Sebagai seorang muslim yang beriman kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya Muhammad Saw. serta berpegang teguh pada Al-Qur’an, sunnah, dan Hadistnya. Tentu kamu akan menghindari untuk merayakan hari valentine, hari yang begitu diangung-agungkan oleh anak muda lainnya. Tahukah kamu, jika dalam perayaan valentine tersebut akan banyak sekali perbuatan maksiat yang dilakukan. Bahkan hal tersebut tentu akan merusak jiwa dan kepribadian.

Untuk itulah, kenapa kamu sebagai umat muslim begitu dilarang untuk merayakan hari valentine, hari yang katanya bertabur dengan kasih sayang itu. Bukannya dilarang untuk berkasih dan sayang terhadap sesama, namun kebanyakan yang melakukan itu pada valentine day tersebut yang bukan muhrim. Tentu sangat jelas hal itu dilarang dalam agama Islam. Lebih baik kamu menggunakannya dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa dalam Islam merayakan valentine day itu dilarang. Bahkan untuk mengucapkan selamat saja juga tidak diperbolehkan, apalagi ikut membantu menyemarakkan acara ini dengan jual beli, mengirim kartu, mencetak, dan mensponsori acara yang berhubungan dengan hal tersebut.

Semoga dengan artikel ini membuat kamu semakin sadar bahwa janganlah mau ikut-ikutan dalam merayakan valentine day tersebut. Sayangilah diri kamu dan tingkatkan keimanan kamu terhadap Allah SWT. dan Rasul-Nya Muhammad SAW.

Structured Annuity Settlement This is a term to a greater extent than often than non used inward insurance settlement.
Sumber
Cars For Kids - Donations Like a Car Can Help Kids inwards Need Many people inwards our population are good off, perchance an equal never gets by, as well as at that spot is the other grouping that requires our help. The poor, the needy, the sick...they all necessitate aide. There are ways to donate cash, to donate household items, to volunteer. Another mode you lot may assist those inwards necessitate is to donate a car. Adults as well as kids alike tin exercise good from the gift as well as cars for kids plant specifically alongside charities for children.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel