7 Tradisi Valentine di Berbagai Belahan Dunia

Sebentar lagi tanggal 14 Februari nih! Katanya tanggal 14 Februari merupakan hari yang begitu special, apalagi yang memiliki pasangan. Nah, tanggal 14 Februari ini sudah ditetapkan sebagai Hari Kasih Sayang atau istilah kerennya Valentine Day. Biasanya Valentine Day ini dirayakan oleh anak muda, tak jarang juga mereka saling mengunmgkap kasih sayangnya dengan coklat, mawar merah, ataupun ucapan kasih sayang. 

Namun, di berbagai belahan dunia ini, hari kasih sayang tidak selalu soal coklat ataupun bunga. Mereka merayakannya dengan berbagai macam cara dan tradisi yang begitu unik, serta berbeda-beda setiap negaranya. Wah, bikin penasarankan bagaimana keseruan dari berbagai belahan dunia dalam merayakan hari kasih sayang atau Valentine Day ini. Untuk itu, simak ulasan berikut ini. 

Tradisi valentine day di Jepang

Tradisi bagi coklat di Jepang


Jepang yang dikenal sebagai negeri matahari terbit ini, memiliki sebuah tradisi dalam merayakan Valentine Day. Mereka yang perempuan biasanya akan memberikan dua buah jenis coklat. Jenis coklat Choco Giri akan diberikan kepada sahabat dan jenis coklat Honmei Choco yang begitu special itu akan diberikan kepada orang yang special juga yaitu belahan jiwanya. Unik bangetnya, mungkin mereka berpikiran setiap coklat itu memiliki makna tersendiri. 

Tradisi berbagi kado di Brazil


Tradisi valentine day di Brazil


Kalau untuk Negara Brazil ini, mereka merayakan hari Valentine bukan tanggal 14 Februari, namun mereka merayakannya pada tanggal 12 Juni yang disebut dengan hari Lovers Day. Intinya mereka juga sama-sama merayakan hari untuk berbagi kasih dan sayang terhadap orang tercinta.

Ada yang unik nih dari Negara Brazil, biasanya orang yang merayakan hari kasih sayang itu akan memberikan coklat atau kado terhadap kekasihnya. Nah, kalau di Brazil mereka bukan hanya membagikannya untuk kekasih, tapi juga untuk seluruh keluarga. Biasanya tradisi di sana akan ada festival music yang keren lho! Tertarik untuk mengikutinya?

Tradisi Valentine di Jerman


Tradisi valentine day di Jerman

Biasanya Valentine Day itu akan selalu identic dengan symbol hati, karena symbol itu merupakan symbol kasih sayang dan juga pernyataan cinta. Namun, symbol hati itu tidak berlaku di Jerman, mereka malahan mengekspresikan kasih sayangnya lewat symbol babi. Mereka menganggap bahwa babi itu sebagai symbol keberuntungan. Sehingga, pasangan yang ada di Jerman itu akan saling memberikan bermacam-macam hadiah yang bersimbolkan babi untuk orang tersayang. Ada-ada saja ya!

Tradisi cari jodoh di hari valentine ala Negara Afrika Selatan



Tradisi valentine day di Afrika Selatan


Kalau di Negara Afrika Selatan, tradisi hari kasih sayang ini mereka tidak akan membagikan coklat ataupun kado seperti biasa yang ada di Negara lainnya. Uniknya, di Negara yang satu ini mereka merayakannya dengan istilah cari jodoh. Hal ini terkait dengan peninggalan budaya dari Romawi Kuno Lupercalia.

Di mana saat hari valentine tiba, para wanita akan mengenakan pin hati yang telah bertuliskan nama pria yang mereka kagumi atau sukai. Hingga si pria itu pun mengetahui siapa saja yang telah menjadi pengagum rahasianya. Jika merasa cocok, si pria akan mengungkapkan kasih sayangnya. Unik bangetkan, cara cari jodohnya?

Tradisi bagikan coklat dan permen ala Negara Korea Selatan


Tradisi valentine day di Korea Selatan


Negara yang terkenal akan oppa-oppa ini, tentunya mereka tidak ingin melewatkan hari yang penuh dengan kasih sayang ini, Valentine Day. Di sana mereka akan merayakannya dengan memberikan coklat dan permen pada orang tersayang. Yang mana awalnya perempuan dulu memberikan coklat kepada pria pujaan hatinya tepat pada 14 Februari. Setelah sebelum berlalu, barulah si pria itu yang akan membalas hadiahnya dengan permen, biasanya hari itu dinamakan dengan White Day.

Tradisinya tidak berakhir sampai di situ, teruntuk pria dan wanita yang tidak mendapatkan hadiah sewaktu valentine itu, mereka nantinya akan berkumpul dengan seragam hitam dan makan mi hitam, biasanya hari itu disebut dengan Black Day sebulan setelah perayaan White Day.

Tradisi gembok cinta ala Paris, Perancis


Tradisi valentine day di perancis


Siapa sih yang tidak kenal dengan Negara yang satu ini, Kota Paris yang terletak di Negara Perancis ini seringkali disebut sebagai kota cinta. Tak heran jika di sana perayaan Valentine Day akan begitu menarik untuk di ikuti. Di sana ada satu tradisi unik pada sat perayaan hari valentine.

Di mana mereka akan menggembok cinta mereka di Pont des Arts dan membuang kuncinya ke sungai Seine. Mereka mempercayai bahwa dengan digembok itu, maka cinta mereka akan awet juga. Selain itu, pasangan di Prancis tersebut akan saling bertukar surat cinta atau yang dinamakan dengan cartes d’amities. Tertarik untuk menggembok cinta kamu di Paris?

Tradisi naik bus cinta ala Finladia dan Estonia


Tradisi valentine day di Finladia dan Estonia


Biasnya hari Valentine itu akan selalu dirayakan oleh sepasang kekasih. Namun, lain halnya di Finlandia dan Estonia. Di sana mereka yang belum memiliki pasangan juga bisa ikut merayakan hari valentine tersebut.

              Baca Juga : 
          7 Anggapan Orang tentang Valentine Day di Indonesia
          7 Tradisi Valentine di Berbagai Belahan Dunia

          Sejarah Kelam Valentine Day
          Fatwa Ulama Tentang Merayakan Valentine Day 
 

Karena di Finlandia memaknai hari valentine tersebut sebagai hari pertemanan, sedangkan di Estonia mereka akan menyediakan bus yang bernama cinta. Di mana di dalam bus cinta itu akan berkumpul para pria dan wanita yang belum memiliki pasangan, mereka berkumpul di sana untuk menemukan pasangan hati mereka.

Nah, gimana perayaan Valentine Day setiap negaranya? Unik-unik bangetkan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel