Rahasia Sujud Dalam Shalat

Banyak sekali rahasia sujud dalam shalat yang seringkali tidak kita sadari. Kali ini kita akan membahas tentang rahasia sujud dalam shalat, bukan hanya dari segi agama, namun juga dari sisi sains dan ilmu pengetahuan.

Rahasia Sujud Dalam Shalat

Ketika Melaksanakan Sujud di dalam shalat, kita menggerakkan atau melibatkan 5 (lima) anggota badan yang menyentuh bumi, yaitu dahi, hidung, kedua telapak tangan lutut, dan kedua ujung kaki (jari).

Sujud merupakan sebuah konsep untuk merendahkan diri kita kepada Allah SWT dan memuji Allah SWT serta memohon segala macam keinginan kepada Allah swt. Selain untuk beribadah Kepada Allah SWT, sujud didalam shalat kita dapat mengikis sifat-sifat yang tercela seperti riya, sombong, ujub, takabur dan penyakit hati lainnya yang menyebabkan kita jauh dari Allah SWT.

Seorang Dosen dan juga peneliti dari St Edward's University yaitu Dr Fidelma O'Leary, Phd Neuroscience telah menemukan manfaat sujud bagi kesehatan. Dan hal itu pulalah yang menyebabkan dia memeluk Agama Islam.

Dalam penelitiannya, dia mengemukakan bahwa bahwa terdapat beberapa urat saraf di dalam otak manusia yang tidak dimasuki oleh darah. Namun urat ini bisa dimasuki oleh darah hanya sewaktu manusia sedang bersujud. Dan fakta yang lebih mengejutkan lagi adalah bahwa urat saraf tersebut hanya memerlukan asupan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Dan saat-saat tersebut adalah pada waktu-waktu pelaksanaan Shalat fardhu (subuh, zuhur, asar, maghrib dan Isya).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat kita simpukkan bahwa siapa yang tidak solat maka urat ini tidak akan menerima asupan darah sehingga otaknya tidak dapat berfungsi secara normal. Salah satu indikasinya adalah dengan timbul bermacam-macam gejala sosial di masyarakat.

Selanjutnya Prof Hembing mengatakan bahwa, Karena otak itu letaknya berada di atas jantung, maka jantung hanya mampu memompa dan menyalurkan 20% darah ke otak manusia. Dengan melaksanakan sujud yang lebih lama, maka secara tidak langsung kita telah membantu jantung kita untuk memompa darah lebih kuat ke otak, agar keperluan darah oleh otak dapat terpenuhi dengan baik.

Dalam hal kesehatan banyak manfaat yang dapat kita terima dari melamakan sujud yaitu:
1. Mencegah pening,
2. Terhindar migrain,
3. Menyegarkan otak,
4. Menajamkan akal dan fikiran (lebih sensitif),
5. Melonggarkan sistem pernafasan,
6. Memperbaiki kandung rahim yang turun,
7. Menjaga dan menguatkan kedudukan bayi dalam kandungan.
8. Menghindarkan kandungan sungsang dan lain lain.

Demikianlah Rahasia Rahasia Sujud Dalam Shalat. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel